Pantai Indrayanti, Primadona Wisata Bahari di Yogyakarta

Pantai Indrayanti, Yogyakarta
Lanskap keindahan Pantai Indrayanti. (Iwan Gunaesa/Bandung Klik).*

 

Bandungklik – Pantai Indrayanti menjadi primadona wisata bahari di antara deretan pantai di Gunungkidul, Yogyakarta. Namanya kian hari kian populer. Pengunjung yang datang pun sangat ramai terutama di waktu liburan.

Pantai yang berlokasi di Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul ini, sebenarnya tercatat dengan nama Pantai Pulang Sawal. Namun masyarakat lebih mengenal dengan sebutan Pantai Indrayanti yang diambil dari nama cafe dan restoran di pinggir pantai yang terpampang jelas di sebuah papan nama.

Akhirnya, nama Indrayanti melekat dan jauh lebih populer daripada Pulang Sawal.

Di luar kontroversi soal nama, panorama alam Pantai Indrayanti memang cantik memesona. Lanskap pantai yang luas berpasir putih, air yang jernih, serta ombak yang relatif kecil membuat pengunjung puas dan betah berlama-lama untuk berenang, bermain pasir, atau sekadar berfoto selfie.

Di sisi lainnya terdapat bukit karang yang cukup tinggi. Dari sana kita bisa menikmati bentangan Pantai Indrayanti. Apalagi saat tiba momen sunset atau sunrise, sangat pas dinikmati dari atas bukit karang tersebut. Namun tetap hati-hati karena angin cukup kencang di atas sana.

Jika wisatawan tak ingin berbasah-basahan dengan air laut atau berjalan menaiki lereng bukit karang, bisa memilih menikmati panorama alam pantai dengan duduk santai di kedai-kedai makanan pinggir pantai ditemani kesegaran kelapa muda dan panganan lainnya.

Akomodasi

Fasilitas lain yang bisa dinikmati wisatawan di kawasan Pantai Indrayanti, di antaranya penginapan berupa cottages, homestay hingga hotel yang semuanya berada dekat dengan bibir pantai. Lalu dilengkapi fasilitas umum lainnya, seperti gazebo, payung pantai, restoran, cafe, toilet, dan musala.

Kemudian terdapat pula wahana wisata watersport jetski dan playground untuk anak-anak, ada perosotan, bangku putar, dan panjat tali.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Pantai Indrayanti, bisa mengikuti rute Jogja-Piyungan-Patuk-Sambipitu. Lalu lanjutkan ke arah Hutan Bunder-Gading-Longandeng-Siyono-Bunderan Tugu BPD-Jalan Kyai Legi-Jalan Lingkar Selatan-Jalan Djojodiningrat-Jalan Giri Subo-Wonosari-Jalan Saptosari-Tepus.

Dari Tepus, Anda dapat mencari pertigaan Desa Tepus. Di titik tersebut, Anda bisa memilih pintu masuk dari Timur atau Barat.*

 

Silakan baca: Waduk Darma, Danau Buatan yang Memesona