BandungKlik – Pantai Bandengan di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah sangat lekat dengan masa kecil dan dewasa pahlawan nasional, Kartini.  Di pantai ini, Kartini kecil bersama kedua adiknya sering diajak Bangsawan Hindia Belanda, Ny. Ovink Soer (istri asisten residen) bersama suaminya.

Lalu saat baranjak dewasa, Kartini banyak menghabiskan waktu di Pantai Bandengan. Tujuannya untuk merenung dan mencari inspirasi. Termasuk membahas cita-citanya bersama Mr. Abendanon untuk belajar ke negeri Belanda.

Di balik kisah sejarah Kartini, Pantai Bandengan atau Pantai Tirto Samudro ini menyajikan panorama alam yang menakjubkan. Hamparan pasir pantainya yang putih dan airnya jernih, hingga menggoda pengunjung untuk berenang.

Pilihan waktu yang pas menyambangi Pantai Bandengan yaitu saat pagi dan sore hari. Selain cuacanya tak begitu panas, datang sore hari bisa sekalian menikmati pesona sunset di kala senja.

Silakan baca: Kawasan Benteng Portugis Jepara, Sarat akan Nilai Historis

Wisatawa juga dapat duduk-duduk santai di atas shelter. Sambil menikmati panorama dengan semilir angin pantai dan udara yang masih alami tanpa polusi.

Atraksi Wisata

Aktivitas wisata lainnya yang bisa dilakukan di pantai tersebut cukup beragam. Mulai dari berkemah, volley pantai, sepeda santai, atau kegiatan serupa lainnya. Di dalam area objek wisata ini pun sering digunakan sebagai ajang motor cross dan festival layang-layang.

Tersedia pula wahana olahraga air seperti jetski, banana boat, dan kano. Atau mencoba naik kapal wisata berkapasitas 30 orang menuju Pulau Panjang. Ada pula ATV dan kereta wisata untuk menjelajahi kawasan wisata tersebut.

Objek pantai seluas 16 hektare ini, terletak 7 km sebelah utara dari pusat kota Jepara. Dapat dijangkau dengan kendaraaan pribadi atau umum selama kurang lebih 10 menit.

Untuk urusan kuliner, di sana terdapat warung makan yang menyajikan makanan menu seafood. Diantaranya ikan, udang, cumi-cumi, kerang, kepiting atau rajungan.

Silakan baca: Inilah 11 Event Unggulan Jateng Tahun 2022

Dalam kawasan destinasi wisata Pantai Bandengan Jepara juga tersedia fasilitas lainnya. Berupa gedung serbaguna yang bisa disewa untuk kegiatan gathering, pertemuan, pernikahan, dan lainnya. Akomodasi penginapan juga memadai, baik yang berada di dalam area atau pun di luar kawasan.*

 

 

Sumber & Foto: Disparbud Jepara