BandungKlik – Selain pesona pantai, Bintan di Kepulauan Riau (Kepri) juga memiliki Telaga Biru dengan panorama yang memukau. Tempat wisata ini wajib dikunjungi kala Anda berlibur ke Kepri.

Telaga Biru Bintan dikenal juga sebagai Gurun Pasir Telaga Biru karena sejauh mata memandang akan tampak hamparan pasir putih. Mirip dengan gurun pasir di Timur Tengah. Dihiasi telaga-telaga air berwarna biru mirip oase dan terik matahari yang cukup menyengat di siang hari.

Lokasinya berada di Jalan Raya Busung, Dusun Busung, Kecamatan Seri Koala Lobam, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Sekitar 45 menit perjalanan darat dari bandara RHF Tanjung Pinang maupun dari pelabuhan Tanjung Pinang. Jika berangkat dari pelabuhan Tanjun Uban hanya sekitar 15 menit.

Sebelum menjadi tempat wisata instagenik, awalnya Telaga Biru Bintan merupakan area bekas tambang galian pasir. Namun tambang tersebut sudah tidak beroperasi lagi.

Material pasir yang tidak terpakai dan ditinggalkan di sekitar lokasi membuatnya seperti gurun pasir. Kemudian lubang bekas galian pasir yang terisi air hujan, menjelma menjadi sebuah danau atau telaga yang indah berair biru.

Silakan baca: Danau Kaolin, Danau Unik Dua Warna di Bangka

Meskipun tak dipungut biaya tiket masuk, detinasi wisata tersebut tetap menyediakan fasilitas yang lengkap. Diantaranya area parkir, toilet, serta warung-warung kecil yang terletak di sekitar telaga. Menjadi spot bagi pengunjung yang ingin bersantai dan menikmati santapan kuliner yang tersaji di situ.

Selain itu, di area wisata Telaga Biru Bintan juga terdapat replika unta dan replika berbentuk hati sebagai spot foto. Ada pula fasilitas perahu kayu yang bisa disewa untuk berkeliling telaga dengan tarif cukup terjangkau, hanya sekitar 10 ribu rupiah.

Rute Menuju Telaga Biru Bintan

Objek wisata Telaga Biru Bintan berada di Pulau Bintan, Kepri. Jadi sebelum ke sana harus sampai dulu di Bintan. Dapat ditempuh melalui jalur udara dari Batam maupun langsung ke Pulau Bintan.

Sementara untuk menuju temoat wisata tersebut, bisa diakses dari dua jalur. Jika Anda berangkat dari arah Kota Tanjung Pinang. Rute pertama dapat melalui jalan ke arah Pantai Trikora. Sedangkan rute kedua dapat menggunakan jalan yang menuju ke arah Kijang atau bandara.

Silakan baca: Rekomendasi Hotel Terbaik Bagi Backpacker di Bintan

Dari kedua rute itu, rute pertama yang menuju ke Pantai Trikora lebih disarankan karena waktu tempuhnya lebih cepat untuk sampai di Telaga Biru. Jika sudah tiba di pertigaan Pantai Trikora, Anda bisa bertanya kepada warga setemoat agar tidak kebingungan.*

 

Sumber & Foto: Disbudpar Bintan