BandungKlik – Museum Sonobudoyo Yogyakarta kembali menggelar pameran pertengahan tahunnya, bertajuk “Pameran Abhinaya Karya”. Bertempat di Gedung Pameran Temporer Jalan Pangurakan No. 4 Yogyakarta.

Pameran Abhinaya Karya ini menampilkan ragam permainan tradisional anak-anak yang dinilai mempunyai nilai-nilai kearifan lokal yang tidak lekang oleh zaman. Permainan tradisional tersebut, antara lain, kitiran yaitu mainan berupa baling-baling yang dapat mengeluarkan suara unik yang dapat dimainkan hanya pada saat musim kemarau.

Kitiran terbuat dari bambu atau kayu khusus yang dilengkapi dengan aksesoris berupa tiang dan ‘obal-obal’ yang terbuat dari ‘blarak’ daun kelapa sebagai penyeimbang. Kemudian ada othok-othok yang berbahan bambu, kaleng, diberi hiasan minimalis. Bahkan bahan sisa-sisa saja bisa jadi mainan yang unik.

Selain itu, dipamerkan pula yoyo, sebuah mainan yang tersusun dari dua cakram berukuran sama, biasanya terbuat dari plastik, kayu, atau logam. Lalu dihubungkan dengan sumbu serta tergulung tali yang digunakan. Satu ujung tali terikat pada sumbu, sedangkan satu ujung lainnya bebas dan biasanya diberi kaitan.

Aneka permainan tradisional Yogyakarta lainnnya pun tersaji dalam pameran tersebut. Dalam acar itu, pengunjung usia dewasa akan mengenang dan merasakan kembali kegembiraan seperti yang pernah dirasakan saat kecil.

Digelarnya Pameran Abhinaya Karya, diharapkan generasi muda masa kini dapat mengenali dan kemudian melestarikan permainan tradisional sebagai warisan budaya bangsa. Permainan tradisionla pun mengandung nilai filosofis yang sangat bermanfaat bagi generasi muda.

Silakan baca: Museum Sonobudoyo Koleksi Benda Bernilai Budaya Ilmiah

“Nilai-nilai filosofis yang terkandung berupa kesederhanaan, kejujuran, ketelitian, kebersamaan, dan gotong royong, sangat relevan menjadi benteng bagi anak-anak terhadap pengaruh budaya asing yang tidak sesuai dengan karakter masyarakat kita,” papar Aqsor, pemandu sekaligus volunteer pameran, dikutip dari laman pariwisata.jogjakota.

Acara Pameran Abhinaya Karya tersebut akan berlangsung sampai dengan tanggal 30 Juni 2021 mendatang. Pameran dibuka mulai pukul 09.00 hingga 21.00 WIB dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.*