Palm Jumeirah Dubai, Pulau Unik & Mewah Buatan Manusia

Palm Jumeirah
Palm Jumeirah. (visitdubai).*

 

Palm Jumeirah, sulit bagi siapa pun untuk percaya, adalah pulau unik dan mewah buatan manusia yang dibangun berbentuk pohon kurma.

 

BandungKlik – Pulau di emirat Dubai Uni Emirat Arab ini dibangun dengan cara reklamasi tanah. Saat ini Palm Jumeirah merupakan rumah bagi banyak hotel, resor, dan tempat tinggal dengan akses pantai yang masih asli.

Nakheel—perusahaan pengembang yang dimiliki Pemerintah Dubai, beroleh proyek pembangunan dan mulai mengerjakannya pada Juni 2001. Kontraktor membuat pulau ini dengan menggunakan lebih dari 90 juta meter kubik pasir dan 7 juta ton batu. Penyerahan rumah pertama di pulau itu dilakukan pada 2006.

The Palm Jumeirah mencakup sebuah pemecah gelombang berbentuk bulan sabit. Dengan panjang mencapai 11 kilometer, pemecah gelombang tersebut melindungi pulau dari ombak besar dan angin kencang.

Sesuai namanya, pulau buatan seluas 560 hektare ini berbentuk palem meliputi sebuah batang dan sebuah mahkota dengan 17 daun. Pulau mahkota dihubungkan dengan Dubai oleh jembatan sepanjang 300 meter. Pulau bulan sabit dihubungkan dengan ujung atas palem oleh terowongan bawah laut.

Dua pesawat jet tempur Sabre F100 telah ditenggelamkan dengan sengaja di sekitar perairan Palm Jumeriah. Tentu saja, hal itu dilakukan untuk membuat sebuah lingkungan buatan untuk mendukung kehidupan bawah laut.

Atlantis Palm Jumeirah. (visitdubai).*

Silakan baca: Super Bus, Transportasi Eksklusif di Emirat Arab

Aktivitas menyenangkan di Pulau Palem

Banyak hal menyenangkan yang dapat dilakukan di pulau ini. The Palm Jumeirah berkembang dengan baik disokong jalan, terowongan, dan transportasi umum. Dengan demikian, wisatawan dapat dengan mudah mengakses berbagai hotel, restoran, dan tempat wisata. Wisatawan juga dapat menaiki monorel menuju ke resor Atlantis.

Berlayar dengan kapal pesiar atau speedboat di sekitar Palm Jumeirah juga merupakan pilihan yang populer. Banyak agen perjalanan wisata yang dapat dipilih untuk tur ini.

Aktivitas wisata yang memacu adrenalin adalah terjun payung di atas Palm Jumeirah untuk pengalaman yang benar-benar unik. Untuk malam yang santai, wisatawan bisa mengunjungi klub atau restoran yang dibangun di atas dermaga yang membentang di atas air.

Dikutip dari visitdubai, pilihan restoran menarik antara lain di Breeze Beach Grill dan Ibn AlBahr. Kedua tempat tersebut menawarkan pemandangan Teluk Arab yang indah, cakrawala Kota Dubai dan Burj Al Arab Jumeirah yang megah. *

Silakan baca: Bandara Dubai Targetkan 28 Juta Penumpang Tahun ini