BandungKlik – Sempat menyandang julukan si Buah Emas, pala faktanya memiliki segudang manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, bukan hanya karena harganya yang selangit.

Bernama ilmiah Myristica fragrans, rempah ini biasa digunakan falam makanan yang dipanggang, camilan, masakan dan minuman tradisional. Tanaman rempah asal Kepulauan Banda Indonesia ini diproduksi dengan menggiling biji pala yang berasal dari tanaman berbunga.

Bumbu ini punya rasa yang hangat, sedikit pedas, dan sering kali dipadukan dengan bumbu rempah lainnya, seperti kayu manis dan cengkih. Pala mengandung susunan senyawa kuat yang mengesankan yang dapat membantu mencegah penyakit dan meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan. Lantas, apa saja manfaatnya bagi kesehatan? Dikutip dari Healthline, berikut uraiannya.

Mengandung antioksidan yang kuat

Meski berukuran kecil, biji pala kaya akan senyawa tanaman yang bertindak sebagai antioksidan, termasuk felonik, minyak esensial, dan pigmen tumbuhan. Semua itu dapat membantu mencegah kerusakan sel dan dapat melindungi tubuh dari penyakit kronis.

Memiliki sifat antiinflamasi

Buah emas ini akaya akan senywa antiinflamasi yang disebut monoterpen, termasuk sabinene, terpineol, dan pinene. Ini dapat membantu mengurangi peradangan di tubuh. Antioksidan dalam rempah ini, seperti cyanidin dan senyawa fenolik juga memiliki sifat antiinflamasi yang kuat.

Memiliki sifat antibakteri

Sebuah studi tabung menunjukkan bahwa pala memiliki efek antibakteri terhadap bakteri yang berpotensi berbahaya, termasuk E.coli dan Streptococcus mutans. Bakteri seperti Streptococcus mutans dan Aggregatibacter actinomycetemcomitans dapat menyebabkan gigi berlubang dan penyakit gusi.

Bermanfaat bagi berbagai kondisi kesehatan

Meskipun masih terbatas, penelitian menunjukkan pala mungkin memiliki manfaat bagi kesehatan jantung. Mengonsumsi suplemen pala dosis tinggi mengurangi faktor risiko penyakit jantung, seperti kolesterol tinggi dan kadar trigliserida tinggi.

Selain itu, penelitian terhadap buah ini juga menunjukkan efek bisa meningkatkan mood karena ekstrak pala menginduksi efek antidepresan. Buah berasa hangat ini juga dapat meningkatkan fungsi pankreas dan mengurangi kadar gula darah.

Serbaguna dan enak

Bumbu rempah populer ini memiliki beragam kegunaan di dapur. Kita bisa menggunakannya sendiri atau memadukannya dengan rempah lain, seperti kepulaga, kayu manis, dan cengkih. Punya cita rasa manis dan hangat, banyak orang menambahkan pala ke dalam makanan penutup. Misalnya, pada pai, kue, kue kering, roti, salada buah, dan puding.

Di samping itu, rempah ini juga cukup baik dicampur dalam hidangan berbahan dasar daging yang gurih, seperti daging sapi dan domba. Selain makanan, ekstrak buah ini dapat ditambahkan ke dalam minuman hangat atau dingin, termasuk sari apel, cokelat panas, teh, latte kunyit dan smoothie. *

 

Silakan baca:

Buah Pala, Dulu Incaran Para Penjelajah Eropa

Sekelumit Kisah Pala, “Buah Emas” Rebutan Dunia