Paguyuban Sapedah Baheula Ziarah ke Makam Bupati Bandung

paguyuban sapedah baheula makam bupati bandung
Segenap anggota Paguyuban Sapedah Baheula Bandoeng ziarah ke makam para Bupati Bandung di Jalan Karanganyar, Kota Bandung, Ahad, 19/9/2021. (Irwan Akhmad/ BandungKlik).*

 

BandungKlik – Paguyuban Sapedah Baheula (PSB) Bandoeng ziarah ke makam para Bupati Bandung di Jalan Karanganyar, Ahad (19/9/2021). Kegiatan diadakan dalam rangka memperingati 211 tahun hari jadi Kota Bandung yang jatuh pada 25 September 2021.

Segenap anggota Paguyuban Sapedah Baheula Bandoeng mengawali kegiatan tersebut dengan berkumpul terbatas di Taman Anak Sungai Cikapayang Balai Kota Bandung. Tentu saja, mereka turut dalam kegiatan ini sekaligus bersepeda rutin setiap Minggu pagi.

Sebelum berkunjung ke makam para Bupati Bandung, sekitar pukul 09.20 WIB mereka bersepeda berkeliling kota. Kebetulan, pada 19 September 2021 ini, para pesepeda di Indonesia serentak berpartisipasi dalam gerakan “Hari Raya Bersepeda” di setiap daerah.

(Solehudin).*

Residen Paguyuban Sapedah Baheula Bandoeng Wahab Romli mengatakan, ziarah ke makam para Bupati Bandung sebagai upaya mengenalkan sejarah Bandung kepada anggota. Ziarah diisi dengan doa bersama dan berlangsung khidmat.

Di makam para Bupati Bandung di Jalan Karanganyar dimakamkan Bupati Bandung ke-VII R.A. Wiranatakoeseomah III dan Bupati Bandung ke-VIII R.A. Wiranatakoesoemah IV. Bupati Bandung ke-IX R.A. Koesoemahdilaga dan Bupati Bandung ke-XI R.H.A.A Wiranatakusumah juga dimakamkan di kompleks makam seluas hampir satu hektare tersebut.

“Tahun ini Paguyuban Sapedah Baheula Bandoeng berziarah ke makam para Bupati Bandung di Jalan Karanganyar. Rencananya, agenda yang sama akan diadakan rutin setiap tahun. Tentunya dalam rangka memperingati hari jadi Kota Bandung,” tutur Romli, di sela acara.

Selain di Jalan Karanganyar, makam Bupati Bandung juga tersebar di beberapa kompleks makam, yaitu di Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung; Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung; dan Kabupaten Garut.

Di Kompleks makam para Bupati Bandung di Jalan Dalem Kaum Kota Bandung dimakamkan Rd. Adipati Wiranatakusumah II (1794-1829). Beliau adalah Bupati Bandung ke-VI sekaligus pendiri Kota Bandung (1810). *

Silakan baca: 

Daftar Bupati Bandung dari Masa ke Masa

Daftar Wali Kota Bandung dari Masa ke Masa