Objek Wisata Banyumas Buka Saat Libur Lebaran

wisata banyumas baturraden
Lokawisata Baturraden. (wikipedia).*

 

BandungKlik – Objek wisata di Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah tetap buka di saat libur Lebaran tahun 2021. Hal ini disampaikan pemerintah daerah setempat melalui Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar).

Namun demikian, objek wisata tersebut harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Salah satunya dengan membatasi jumlah pengunjung maksimal 30% dari kapasitas objek wisata.

“Selain objek wisata milik Pemkab Banyumas, ada lebih kurag 27 objek wisata milik swasta desa wisata yang telah mendapatkan izin untuk beroperasi. Namun, hanya melayani wisatawan lokal,” tutur Kepala Dinporabudpar Kabupaten Banyumas Asis Kusumandani, Sabtu (8/5/2021).

Ia mengatakan, kebijakan tersebut didasari oleh surat edaran Gubernur Jawa Tengah yang memperbolehkan objek wisata tetap buka pada masa libur Lebaran 2021.

“Sebenarnya objek wisata di Banyumas sudah melakukan pembatasan terhadap jumlah pengunjung sehingga sudah biasa dengan adanya kebijakan itu,” kata Asis.

Meski begitu, kata dia, diperkirakan jumlah wisatawan lokal yang berkunjung per harinya tidak akan melebihi 30% dari kapasitas maksimal. Salah satu penyebabnya adalah periode larangan mudik pada 6 – 17 Mei 2021. Selain itu, banyaknya akses jalan yang ditutup akan berdampak langsung terhadap kunjungan wisata.

Pihaknya mengaku cukup berat sekalipun untuk mencapai kunjungan wisata 30%. “Seperti Lokawisata Baturraden yang kami kelola saja, saat sekarang pada hari-hari biasa, bahkan Sabtu dan Minggu juga, penggunjungnya tak sampai 200 orang,” tuturnya.

Dikatakannya, kapasitas maksimal Lokawisata Baturraden mencapai 15 ribu orang yang dihitung dari total lahan 16,8 hektare dan sekira 4 hektare yang dapat dijamah manusia.

Kendati objek wisata boleh buka, Asis berharap pengelola menerapkan protokol kesehatan yang ketat. “Jangan sampai muncul klaster wisata dalam penyebaran Covid-19 di Banyumas,” katanya. *

Silakan baca: Disparbud Jabar Siapkan Strategi Cegah Klaster Wisatawan

Silakan baca: Lebaran, Tempat Wisata di Dua Daerah di Jabar Ditutup