BandungKlik – Buah pir kaya akan nutrisi dan beberapa senyawa tanaman bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Nutrisi dan senyawa tersebut juga dapat membantu menurunkan berat badan dan melindungi terhadap kronis tertentu.

Secara umum, pir merupakan buah manis berbentuk mirip lonceng yang sudah populer sejak dulu. Buah beragam jenis ini bisa langsung dikonsumsi atau diolah terlebih dahulu menjadi varian minuman, seperti jus.

Mengutip dari Healthline, berikut nutrisi dan manfaat buah pir.

Bergizi tinggi

Pir berukuran sedang memberikan kalori 101, protein 1 gram, karbohidrat 27 gram, serat 6 gram, dan vitamin C 9% dari nilai harian. Nutrisi lainnya adalah vitamin K 7% dair nilai harian, potasium 4% dari nilai harian dan tembaga 16% dari nilai harian.

Meningkatkan usus

Dalam satu buah berukuran sedang mengandung 6 gram serat atau sekitar 21% dari kebutuhan serat harian kita. Selain itu, buah ini kaya akan prektin yang dapat membantu meringankan sembelit. Oleh karena kulitnya mengandung banyak serat, sebaiknya mengonsumsi buah ini tanpa mengupas kulitnya.

Mengandung senyawa tumbuhan bermanfaat

Ada banyak senyawa tanaman bermanfaat yang memberikan warna berbeda pada buah ini. Misalnya, antosianin memberikan warna merah delima pada beberapa buah pir. Senyawa ini dapat meningkatkan kesehatan jantung dan melindungi terhadap kanker.

Memiliki sifat antiinflamasi

Buah pir kaya akan antioksidan flavonoid yang membantu meredakan peradangan dan dapat menurunkan risiko penyakit. Beberapa ulasan mengaitkan asupan flavonoid yang tinggi dengan penurunan risiko diabetes.

Menawarkan efek antikanker

Kandungan antosianin dan asam klorogenat dalam biah ini menunjukkan sifat antikanker. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa pola makan kaya buah-buahan, termasuk pir, dapat melindungi terhadap beberapa jenis kanker, seperti kanker paru-paru dan perut.

Membantu menurunkan berat badan

Buah yang rendah kalori, tapi kaya serat dan tinggi kandungan air. Kombinasi ini menjadikannya makanan yang ramah penurunan berat badan. Mengapa? Karena serat dan air dapat membantu Anda tetap kenyang.*

Silakan baca:

Top 9 Manfaat Mengonsumsi Semangka