Nikmatnya Telur Gobal Gabul Ala Warung Pojok Mbak Yuni

Telur Gobal Gabul
Telur dadar gobal gabul yang tampak renyah dan gurih. (dok. Dispar Kota Yogyakarta)

 

BandungKlik – Jika berkunjung ke Kota Yogyakarta, DIY saat pagi hingga siang mampirlah ke Warung Pojok Mbak Yuni. Di sana akan tampak dipadati pembeli yang berburu kenikmatan menu favoritnya, yakni telur dadar “gobal gabul” atau krispi.

Bersumber dari laman Dispar Kota Yogyakarta, Warung Pojok Mbak Yuni berlokasi di Jalan I Dewa Nyoman Oka, Kotabaru. Sudah lama warung ini menjadi tempat favorit para penikmat kuliner rumahan.

Menu favoritnya hanya telur dadar yang terlihat seperti  telur dadar pada umumnya. Namun pembeda dan rahasia kesitimewaan telur gobal gabul, terletak pada proses memasaknya.

Telur dadar ala Mbak Yuni dimasak dengan menggunakan tungku arang dan minyak panas yang banyak. Sehingga membuat aroma telur dadar sangat khas. Tekstur serta kematangan telur dadar pun jadi kering renyah dan gurih.

Dari cara memasak itu, menghasilkan bentuk telur dadar yang tidak beraturan. Bentuk itulah yang melahirkan sebutan telur dadar “gobal gabul”.

Untuk memenuhi antusias pelanggannya, setiap hari Mbak Yuni menyediakan ratusan butir telur. Selain telur dadar, tersedia pula ragam hidangan, antara lain ayam goreng, ikan, tahu, dan tempe.

Ditambah berbagai pilihan jenis sayur, seperti lodeh, pecel, oseng-oseng tempe, terik, sambel tumpang, oseng-oseng lombok ijo, semur, dan sambel goreng krecek.

Silakan baca:

Mangut Lele, Masakan Kaya Rempah Khas Yogyakarta

Melancong ke Pantai Ngandong Yogyakarta

Aneka hidangan di atas bisa menjadi pilihan lauk pendamping telur dadar gobal gabul. Sambel yang disajikan pun cukup spesial, sambel bawang yang diguyur dengan minyak jelantah panas menambah sensasi pedas nikmat.

Harga seporsi nasi rames di warung ini sangat terjangkau dan tidak menguras kantong. Cukup dengan membayar Rp. 9.000 sudah bisa menikmati menu telor dadar dengan 3 macam sayur.

Tapi ingat, jangan datang kesiangan bila ingin menikmati banyak pilihan menu, karena dagangan di Warung Pojok Mbak Yuni cepat habis diserbu para pelanggan.*