BandungKlik – Bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan bisa menikmati lanskap keindahan kota tersebut dari Menara Pandang Banjarmasin. Menara ini menjadi salah satu tempat wisata populer di sana.

Menara Pandang Banjarmasin juga menjadi sebuah ikon wisata baru Kota Banjarmasin, selain pasar terapung, Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Masjid Sultan Suriansyah dan Masjid Jami’ Banjarmasin. Lokasinya di Siring Jalan Kapten Pierre Tendean Banjarmasin. Berada dekat pasar terapung buatan Pemerintah Kota Banjarmasin di tepi Sungai Martapura.

Destinasi wisata ini dibuka setiap hari Senin sampai Jumat, mulai pukul 10.00-21.00 WITA. Untuk Sabtu dibuka pukul 10.00-22.00 WITA dan Minggu buka pukul 08.00-21.00 WITA. Biasanya dipenuhi pengunjung saat hari Minggu dan hari libur dari pagi, sore, bahkan hingga malam.

Bangunan menara pandang itu berlantai empat, di bagian atas atau lantai tiga menara merupakan area terbuka. Jadi, para pengunjung bisa naik ke atas dan menikmati pemandangan indah Kota Banjarmasin dari atas sana, apalagi saat cuacanya sedang cerah.

Di lantai atas menara, pengunjung bisa melihat sekeliling Kota Banjarmasin. Lalu melihat hantaran sungai Martapura, kubah Masjid Raya Sabilal Muhtadin, dan pemandangan sekitarnya yang sangat indah. Dengan sejuknya semilir angin, area ini menjadi salah satu area favorit pengunjung.

Silakan baca: Bontang Kuala, Desa Wisata Pertama di Kalimantan Timur

Berbagai aktivitas banyak dilakukan pengunjung, sebagian ada yang hanya sekadar mengobrol, melihat perahu yang lalu lalang di Sungai Martapura, melihat keindahan pemandangan atau berfoto selfie dengan keluarga maupun sahabat.

Meski terbuka, tapi lantai atas menara ini aman dan nyaman jika ada yang membawa anak kecil, karena di sekelilingnya dibatasi dengan pagar yang tinggi. Sehingga pengunjung bisa bebas bersantai memandangi Kota Banjarmasin dari ketinggian.

Untuk masuk ke Menara Pandang Banjarmasin tidak dipungut biaya alias gratis, pengunjung hanya dikenai biaya parkir kendaraan. Di sekitarnya juga terdapat banyak penjual ragam makanan ringan dan minuman, terutama di hari Minggu banyak para pedagang berjualan dengan harga terjangkau.

Selain itu, di sekitar menara juga sering digelar berbagai lomba atau perayaan acara-acara besar. Semisal Lomba Maulid, Banjarmasin Expo, acara bakti sosial, dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Silakan baca: Danau Kaolin, Danau Unik Dua Warna di Bangka

Pengunjung bisa dengan bebas bersantai dan berkumpul di sana dengan syarat tetap mematuhi peraturan yang ada, diantaranya menjaga keamanan dan kebersihan tempat dengan tidak membuang sampah sembarangan, apalagi jika sampahnya di buang ke sungai. Saat pandemi sekarang, pengunjung juga wajib mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.*

 

Sumber & Foto: Disbudpar Kota Banjarmasin