BandungKlik – Waduk Sempor menjadi salah satu destinasi wisata hits di Kebumen. Banyak yang menjadikan tempat wisata ini sebagai tujuan liburan keluarga. Karena menyajikan keindahan alam dan berbagai wahana permainan.

Lokasi danau buatan ini terletak di Desa Sempor, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Berjarak sekitar 34 km dari Kebumen ke arah barat laut atau 13 km utara Gombong.

Bangunan waduk ini membendung aliran utama Sungai Sempor. Dengan memanfaatkan lembah sungai yang terpendek untuk tumpuan waduk. Bukit tumpuan waduk disusun oleh breksi dan batupasir Formasi Waturanda.

Pada belasan juta tahun Ialu, breksi yang tersingkap di sekitar Waduk itu merupakan endapan laut dalam yang dipengaruhi gejala pelongsoran bawah laut. Lalu kegiatan tektonik mengangkatnya menjadi daratan hingga ketinggiannya sekarang, sekitar 400 mdpl.

Silakan baca: Wisata Seru ke Pantai Menganti Kebumen

Waduk Sempor berjenis rock-fill ini dibangun untuk berbagai kegunaan. Antara lain untuk pengairan, pusat pembangkit listrik, pengendali banjir, perikanan, dan wisata. PLTA Sempor mampu menghasilkan listrik sebesar 1 MW. Sebagian disalurkan ke desa-desa di sekitar Sempor yang belum terjangkau jaringan listrik PLN.

Daya Tarik Wisata Waduk Sempor

Aliran air Sungai Sempor terbendung hingga membentuk genangan danau atau waduk yang luas. Berada di antara pulau-pulau kecil, yang sebelum tergenang merupakan puncak-puncak bukit. Menyajikan panorama alam yang indah memukau.

Apalagi saat sore tiba, pesona waduk makin bertambah dengan keindahan matahari tenggelam di ufuk barat. Suasana sekitar makin eksotis dan tampak romanti bagi pengunjung yang datang bersama pasangan. Menjadi momen yang cantik untuk mengambil foto yang instagenik.

Objek geowisata Kebumen tersebut mengandalkan pada keindahan alam yang dipadukan dengan bangunan hasil teknologi dan budaya manusia. Di sini, pengunjung juga dapat menikmati susur waduk menggunakan kapal dan kano yang tersedia.

Silakan baca: Tasikardi, Bukti Kejayaan Kasultanan Banten

Selain itu, dilengkapi pula dengan berbagai sarana dan wahana wisata. Seperti arena bermain, panggung terbuka, tempat peristirahatan, area parkir, tempat makan, dan lainnya.*

 

 

Sumber & Foto: kebumenkab.go.id