Nikmati 4 Olahan Durian di Agrowisata Meek Farm Kalsel

durian Agrowisata Meek Farm
Es Cendol Durian, menu favorit di Agrowisata Meek Farm.

 

BandungKlik – Kegiatan wisata tak lepas dari yang namanya kuliner. Begitu pula saat berkunjung ke Kalimantan Selatan (Kalsel), terutama bagi pecinta durian, jangan sampai melewatkan olahan durian di Agrowisata Meek Farm.

Agrowisata Meek Farm berlokasi di Jalan Guntung Manggis, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Kalsel. Dapat ditempuh selama 15 menit dari Bandara Syamsudin Noor. Buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WITA.

Destinasi wisata perkebunan ini, memiliki  beragam jenis durian seperti durian golden yang merupakan durian lokal khas Kalsel. Ada juga durian lahung, durian musang king, hingga durian hitam asal Malaysia.

Saat musim panen yang biasanya berlangsung mulai Oktober, wisatawan bisa leluasa berkeliling kebun dan memetik durian sendiri untuk disantap. Namun perlu diingat, bahwa musim panen tersebut bisa saja maju ataupun mundur.

Silakan baca: Aneka Makanan Khas Kalimantan Selatan

Tidak hanya menyantap durian, Agrowisata Meek Farm juga sangat cocok untuk wisata keluarga. Suasananya asri dan tenang karena letaknya cukup jauh dari keramaian.

Bagi wisatawan yang tidak suka durian, tak usah khawatir karena di sana tersedia pula aneka buah lainnya. Seperti kelengkeng, manggis, nangka, rambutan, dan alpukat.

Meski berkunjung di luar musim panen, wisatawan pun masih bisa menikmati berbagai olahan durian. Berikut ini ada 4 olahan durian di Agrowisata Meek Farm yang wajib dicoba!

1. Es Cendol Durian

Merupakan menu favorit para wisatawan yang datang ke Agrowisata Meek Farm. Aroma dan manisnya durian dipadu dengan cendol, gula merah, dan gurihnya santan. Sehingga menghasilkan cita rasa yang unik dan khas yang membuat ketagihan dan ingin datang lagi.

Silakan baca: Nikmati Keindahan Kota dari Menara Pandang Banjarmasin

2. Es Krim Durian

Es krim ini terbuat dari durian asli khas Kalimantan dengan tekstur lembut dan creamy. Rasa manis dari durian membuat siapa pun tidak cukup memakan 1 cup saja. Harganya sangat terjangkau, hanya Rp10.000,- per cup.

3. Pancake Durian

Pancake ini terbuat dari daging durian yang legit lalu dibungkus kulit kue. Olahan pancake dibanderol seharga Rp80.000,- per kotak berisi 10 pcs. Kelezatan pancake durian ini dijamin membuat ketagihan.

4. Sambal Tempoyak

Olahan terakhir ada sambal Tempoyak, yang merupakan olahan daging durian yang difermentasi selama 3-5 hari. Biasanya disajikan sebagai lauk atau juga sangat nikmat dijadikan sambal.

Silakan baca: 9 Aneka Sambal dari Berbagai Daerah di Indonesia

Sambal ini mantap jika disantap bersama nasi hangat, ikan bakar, maupun ikan asin. Dijamin selera makan meningkat. Sambal tempoyak ini sudah dikemas dalam botol, sehingga cocok dijadikan oleh-oleh.*

 

Sumber & Foto: indonesia.travel