Ngabuburit Sambil Berburu Lukisan di Braga

lukisan braga
Wisatawan jalan-jalan di Braga Kota Bandung. (Irwan Akhmad/ BandungKlik).*

 

BandungKlik – Kawasan Braga adalah destinasi favorit wisatawan yang datang ke Bandung baik domestik maupun mancanegara. Di bulan Ramadan kawasan ini juga kerap menjadi ajang ngabuburit menanti azan magrib, salah satunya sambil berburu lukisan.

Menyusuri Jalan Braga di Kota Bandung tak pernah bikin bosan, selalu ada saja yang bisa dilihat dan dinikmati setiap harinya. Jalan ini seakan tak pernah tidur bahkan sejak zaman kolonial. Dari kawasan ini pula nama Bandung sohor lewat De Meest Europeesche Winkelstraat van Indie—kawasan  pertokoan paling terkemuka di Hindia Belanda.

Bangunan-bangunan bergaya Eropa hingga beragam lukisan yang artistik dan estetik menambah ramai jalan ini. Terlihat beberapa penjaja lukisan tengah duduk-duduk santai di samping lapaknya menanti pembeli. Ada yang melayani pembeli, membaca koran, mengelap pigura lukisan, mengisi teka-teki silang hingga memainkan gadget kepunyaannya.

Mereka memanfaatkan trotoar sebagai lapak lukisan tetapi sebagian pedagang menjualnya di galeri atau toko. Sepintas, lapak di trotoar ini seperti pameran lukisan terbuka. Selain pemandangan, banyak pula lukisan benda, manusia, tumbuhan, abstrak hingga kaligrafi dalam media kanvas berbagai ukuran.

Memang, para pedagang lukisan di trotoar Braga kebanyakan penduduk sekitar. Mereka menjajakan lukisan yang didatangkan dari berbagai daerah seperti Jelekong, Cipacing dan Rancaekek Kabupaten Bandung serta Cianjur dan Garut. Karya seni tersebut dipasarkan dan dijual dengan harga beragam tergantung ukuran dan teknik pembuatannya.

Selain lukisan biasa, ada juga lukisan yang dibuat dengan menggunakan teknik pisau palet. Bedanya, lukisan yang menggunakan pisau palet hasilnya bisa timbul dan harganya lebih mahal. Jika lukisan biasa dibanderol mulai Rp 100 ribu, lukisan dengan palet bisa mencapai Rp 500 ribu. Sebabnya, selain pengerjaan yang lebih sulit juga membutuhkan waktu yang lebih lama.

Ngabuburit di Braga sembari berburu lukisan sebaiknya dilakukan mulai pukul 15.00 hingga 18.00 WIB dan cuaca sedang tidak hujan. Siapa tahu, sekali tatap Anda langsung minat. *

Silakan baca: Berwisata Sambil Berburu Kuliner Murah di Teras Braga