Negara Ambil Alih Pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah

tmii
Taman Mini Indonesia Indah. (dok. tamanmini.com).*

 

BandungKlik – Negara melalui Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) mengambil alih pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dari Yayasan Harapan Kita. Hal tersebut dilakukan atas rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan.

Salah satu tujuan pengambilalihan tersebut agar pengelolaan aset negara menjadi lebih baik.

“Temuan dari BPK di bulan Januari 2021 untuk laporan hasil pemeriksaan 2020. Rekomendasinya harus ada pengelolaan yang lebih dari Kemensetneg untuk aset yang dikuasai negara tersebut,” kata Sekretaris Kemensetneg Setya Utama di Jakarta, Rabu (7/4/2021).

Sebelum temuan BPK, kata Setya, Kemensetneg juga sudah sejak lama memberikan pengarahan kepada pengelola TMII agar meningkatkan kualitas layanan. Lalu, audit dilakukan terhadap pengelolaan TMII.

Atas berbagai temuan dan rekomendasi itu, Kemensetneg mengajukan untuk mengambil alih kembali pengelolaan taman tersebut. Setelah pengajuan dari Kemensetneg, Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 19/2021 tentang Pengelolaan TMII.

Perpres tersebut menegaskan bahwa penguasaan dan pengelolaan TMII oleh Kemensetneg serta berakhirnya pengelolaan oleh Yayasan Harapan Kita.

Silakan baca: Berkunjung ke Taman Prancis, Serasa di Era Renaisans

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, TMII sejak dulu merupakan aset milik negara di bawah Kementerian Sekretariat Negara. Akan tetapi, pada 1977 terbit Keputusan Presiden Nomor 51/1977 yang memberikan pengelolaan TMII kepada Yayasan Harapan Kita.

“Jadi, Yayasan Harapan Kita sudah 44 tahun mengelola aset negara ini yang tercatat di Kementerian Sekretariat Negara. Dan, kami berkewajiban untuk mengelola, untuk memberikan manfaat seluas-luasnya ke masyarakat,” tutur Pratikno, dikutip dari Antara, Kamis (8/4/2021).

Dikutip dari tamanmini.com, TMII adalah suatu kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia yang terletak di Jakarta Timur seluas mencapai 150 hektare.  Taman Mini Indonesia Indah menjadi rangkuman kebudayaan bangsa Indonesia yang mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari masyarakat seluruh provinsi.

Bangunan khas setiap suku bangsa diwujudkan melalui Anjungan Daerah di sekitar danau dengan miniatur Kepulauan Indonesia. Selain kebudayaan, taman ini juga menyajikan berbagai wahana rekreasi bagi keluarga. *

Silakan baca: Menjelajahi Taman Nasional Way Kambas Lampung