Naik Kereta Cukup Tunjukkan Hasil Negatif Tes Antigen

syarat naik kereta tes antigen
Tes cepat antigen di stasiun. (kai.id).*

 

BandungKlik – Syarat tes Covid-19 untuk naik kereta api jarak jauh kini cukup menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes cepat antigen. Hal ini berlaku mulai Rabu, 3 November 2021.

Ketentuan dan aturan tersebut menyesuaikan dengan surat edaran Kementerian Perhubungan terbaru, yakni Nomor 97 Tahun 2021. Surat edaran ini tentang petunjuk pelaksanaan perjalanan orang dalam negeri menggunakan transportasi perkeretaapian pada masa pandemi Covid-19.

“KAI senantiasa mengikuti dan mematuhi seluruh ketentuan dari pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 pada moda transportasi kereta api,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus.

Dikutip dari kai.id, Jumat (5/11/2021), Joni menginformasikan, untuk membantu calon pelanggan melengkapi persyaratan tersebut, KAI telah menyediakan 71 stasiun yang melayani tes antigen. Biaya pemeriksaannya Rp45.000.

Kata Joni, selama 2021, KAI telah melayani 1,6 juta peserta tes cepat antigen di stasiun per 2 November. Jika ada penumpang yang membawa hasil negatif tes RT PCR yang masih berlaku tetap akan diterima pada saat boarding.

Berikut persyaratan terbaru naik kereta api jarak jauh.

  1. Pelanggan kereta api jarak jauh dan lokal wajib menunjukkan kartu vaksinasi Covid-19 minimal dosis pertama. Hal ini dikecualikan bagi pelaku perjalanan dengan kepentingan khusus medis sehingga dirinya tidak/ belum divaksin seturut keterangan dari dokter spesialis. Pelaku perjalanan di bawah 12 tahun juga tidak diwajibkan menunjukkan kartu vaksinasi Covid-19.
  2. Pelanggan kereta api jarak jauh wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes cepat antigen Covid-19 maksimal 1×24 jam sebelum jadwal keberangkatan.
  3. Bagi pelanggan di bawah 12 tahun wajib didampingi orang tua/ keluarga yang dibuktikan dengan Kartu Keluarga.
  4. Pemesanan tiket kereta api harus memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada kolom nomor identitas. Saat ini, KAI telah mengintegrasikan aplikasi Peduli Lindungi dengan sistem boarding KAI. *

 

Silakan baca: 

Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Naik Kereta Api Lagi

Jadwal Keberangkatan Kereta Api November 2021