Museum Mainan 198X Koleksi 3000 Lebih Jenis Mainan

Museum Mainan 198X
Mainan robot koleksi Museum Mainan 198X Bandung. (dok. Disbudpar Kota Bandung)

 

BandungKlik – Di Kota Bandung banyak terdapat museum yang cukup dikenal, mulai dari Museum Pos Indonesia, Museum Geologi, Museum Asia Afrika, Museum Mandala Wangsit, dan lainnya. Namun ada satu museum yang belum banyak orang tahu, namanya Museum Mainan 198X. Lokasinya di Jalan Sunda No. 39A, Kota Bandung.

Museum yang disebut juga dengan Museum Zero Toys ini, mulai dibentuk pada tahun 2005. Di sana terdapat 3000 lebih koleksi jenis mainan era-80. Nama museum pun diambil dari tahun produksi koleksi mainan, kisaran tahun 1980-1989.

Dilansir laman Disbudpar Kota Bandung Keberadaan Museum Mainan 198X berawal dari hobi mengoleksi dan mengumpulkan mainan dari sang pendiri, Aldo Ikhwanul Khalid. Lalu mainan itu dikumpulkan dan awalnya hanya dipajang dengan dua etalase.

Seiring berjalan waktu, pada tahun 1999, Aldo kemudian mendirikan sebuah toko mainan yang konon merupakan toko jual beli mainan kolektor pertama di Bandung. Jenis mainan yang dipamerkan di sana cukup beragam

Mulai dari mainan asal Benua Amerika hingga buatan Jepang. Mainan dari Jepang menjadi favorit pemilik dan pengunjung, karena pengaruh film robot dari Jepang yang memang lebih populer pada masa lalu.

Silakan baca: Museum Kota Bandung, Kenalkan Sejarah Kota Bandung

Untuk masuk ke museum tersebut sangat unik. Tiket masuknya diganti dengan cara membeli salah satu merchandise khusus. Begitu masuk ke dalam, pengunjung akan merasa bernostalgia dengan mainan masa kecil dulu. Museum ini dibuka mulai pukul 10.000 – 20.00 WIB.

Jika berkunjung ke sana saat situasi pandemi seperti sekarang ini, jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan dengan sabun.*

 

Sumber: disbudpar.bandung.go.id