Museum Macan Koleksi Karya Seni Modern & Kontemporer

Museum Macan Jakarta
Salah satu koleksi di Museum Macan Jakarta.

 

BandungKlik – Museum Macan Jakarta memang tak sesuai namanya. Di dalamnya bukan mengoleksi hewan macan. Namun nama Macan merupakan kependekan dari Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara.

Koleksinya berupa karya seni modern dan kotemporer yang sangat menarik untuk dikunjungi. Dan akan membuat jiwa ‘aesthete’ pengunjung meningkat.

Lokasinya berada di Jalan Panjang No. 5, Kebon Jeruk Jakarta Barat. Museum ini memiliki program pameran dan acara aktif di fasilitas seluas 7.100 m2.

Tempat tersebut merupakan institusi yang memberikan akses publik terhadap koleksi seni modern dan kontemporer yang signifikan dan terus berkembang dari Indonesia. Kemudian dari Eropa, Amerika, China, serta beberapa negara bagian Asia lainnya.

Meski sempat tutup selama 1 tahun lebih akibat pandemi Covid-19, Museum Macan tetap berusaha untuk meningkatkan kesadaran tentang seni kepada masyarakat. Caranya dengan membuat program “Museum From Home”.

Silakan baca: Mengenal 4 Museum Seni Rupa di Indonesia

Sebuah program yang memanfaatkan teknologi digital. Dengan tujuan untuk memberikan beberapa informasi tentang museum, aktivitas yang dapat dikerjakan oleh anak-anak saat karantina di rumah, podcast seni, dan lain sebagainya.

Baru pada 10 Maret 2021 lalu, Museum Macan kembali dibuka untuk publik. Namun dengan syarat sudah divaksin minimal dosis pertama dan melaksanakan protokol kesehatan secara ketat dengan menerapkan 6 M.

Pemesanan tiketnya pun dilakukan secara online di situs resminya atau mitra tiket, yaitu Traveloka, Tiket.com, Go-Tix, dan Klook. Saat membeli tiket, calon pengunjung akan diminta mengisi beberapa data pribadi.

Data pribadi tersebut diminta untuk mengantisipasi keperluan pelacakan jika diperlukan. Prosedur ini diwajibkan untuk berkunjung ke tempat umum.

Silakan baca: Mengenal Jawa Barat Lewat Museum Sri Baduga

Bagi Anda yang penasaran dengan museum ini, bisa langsung berkunjung ke sana. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang syarat dan ketentuan kunjungan, dapat mengunjungi website resmi Museum Macan, www.museummacan.org/visit.*

 

 

Sumber & Foto: Dispar DKI Jakarta