BandungKlikSulawesi Tenggara (Sultra) memiliki destinasi wisata edukasi menarik untuk mengenal sejarah peradaban Pulau Muna. Tempatnya yakni Museum Bharugano Wuna, yang berlokasi di Raha, ibu kotanya Kabupaten Muna.

Museum Bharugano Wuna terdiri dari tiga buah rumah  panggung besar yang kokoh mengelilingi sebuah taman. Di dalamnya menyimpan beragam koleksi pernak-pernik yang menggambarkan masa peradaban di Pulau Muna.

Pada awalnya, museum ini bernama Rumah Adat Muna, namun berganti nama menjadi Museum Bharugano Wuna. Diresmikan pada tanggal 14 Mei 2018, berdasarkan Surat Keputusan Bupati Muna pada Mei tahun 2018. Pengelolaannya oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum dan Taman Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muna.

Sejauh ini, museum tersebut terbuka untuk umum dan tanpa dikenakan biaya tiket masuk alias gratis. Pengunjung pun akan didampingi para pemandu yang disiapkan untuk menjelaskan tentang seluk-beluk sejarah di balik benda-benda yang dipamerkan.

Koleksi benda Museum Bharugano Wuna berjumlah sekitar 600 buah. Terdiri dari barang asli dan replika. Benda-benda itu menggambarkan jejak peradaban sejak masa prasejarah hingga Kerajaan Muna. Semua koleksi berasal dari sumbangan sukarela masyarakat, maupun hasil inventarisasi dari pihak pengelola museum.

Silakan baca: Inilah 6 KEK Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Salah satu koleksi yang paling terkenal yaitu Layang-Layang Kaghati Kolope. Benda koleksi yang sarat akan nilai hostori dan merupakan warisan layang-layang tertua di dunia.

Tak hanya itu, di sana juga terdapat alat masak, dokumen kuno, perlengkapan kerajaan, senjata, perhiasan, pakaian adat, alat musik, hasil kerajinan tangan, dan sebagainya. Agar tetap menjaga dan melestarikan benda bersejarah di museum ini, pemerintah setempat berkomitmen menjadikan kawasan tersebut sebagai pusat pengembangan dan pelestarian kebudayaan Muna.

Rute Lokasi

Bagi wisatawan yang tertarik mengunjungi Museum Bharugano Wuna, dapat melakukan perjalanan selama kurang lebih 5 menit dari Pelabuhan Nusantara Kota Raha. Posisi museum ini berada di Jalan By Pass, Kelurahan Wamponiki, Kecamatan Katobu.

Silakan baca: Enam Destinasi Wisata di Bulukumba yang Wajib Dikunjungi

Lokasi yang cukup strategis dan tidak jauh dari fasilitas sarana olahraga masyarakat, membuat museum ini mempunyai daya tarik tersendiri. Sehingga mudah dijangkau dan menjadi pilihan destinasi wisata yang ekonomis serta dapat menambah wawasan.*

 

Sumber & Foto: Dispar Sultra