Museo Atlantico, Museum Unik di Dasar Laut Lanzarote

museo atlantico
“Emigrantes” di Museo Atlantico. (Dok. lanzaroteexperiencetours).*

 

BandungKlik – Berkunjung ke museum mungkin sudah lumrah. Namun, bagaimana jika museum itu berada di dasar laut? Museo Atlantico di perairan Lanzarote Spanyol menghadirkan sensasi tersendiri bagi Anda yang gemar petualangan.

Museum seni bawah air pertama di Eropa ini terletak di Samudera Atlantik tepatnya di Cagar Biosfer Unesco Lanzarote. Destinasi wisata ini dapat diakses oleh penyelam dan perenang snorkel atau dari perahu glass bottom.

Terbilang masih baru, Museo Atlantico dibuka dan diresmikan pada 10 Januari 2017. Museum unik ini menampilkan sekira 300 patung indah karya seniman internasional Jason deCaires Taylor. Proyek monumental tersebut membutuhkan waktu penyelesaian lebih dari tiga tahun.

Demikian apik, patung-patung ditempatkan di area dasar laut seluas 50 x 50 meter yang sebelumnya tandus. Instalasi permanen ini dirancang untuk bertahan selama ratusan tahun.

Tak khawatir merusak ekosistem, karya seniman asal Inggris itu terbuat dari beton ramah lingkungan. Bahkan, formasi yang ditata sedemikian rupa dapat mengumpulkan ikan dalam skala besar. Patung tersebut menjadi jangkar bagi pertumbuhan karang baru dan menarik spesies ikan lokal. Selain ikan hiu malaikat yang langka, museum seringkali dikunjungi sekumpulan barakuda dan ikan sarden, gurita, spons laut dan pari kupu-kupu.

Patung yang ditampilkan antara lain menggambarkan adegan-adegan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya, hal ini ditujukan guna meningkatkan kesadaran tentang isu-isu kelautan.

“Saya ingin menginspirasi orang untuk memahami lebih lanjut tentang lautan kita dan ancaman yang dihadapi itu,” kata Taylor dikutip dari laman CNN saat peresmian museum.

“Begitu kita menenggelamkannya, itu milik laut,” kata Taylor.

Instalasi patung di Museo Atlantico dapat ditemukan 14 meter di bawah permukaan Samudera Atlantik di Bahia de Las Coloradas (Coloradas Bay), yakni di pantai selatan Lanzarote. Dari sekian banyak patung, ada yang diberi judul “The Rubicon” yang melibatkan 35 sosok manusia berjalan di bawah gelombang. *

Silakan baca:

Reefsuites Australia, Sensasi Menginap di Bawah Laut

5 Kolam Renang Paling Menakjubkan di Dunia