BandungKlik – Mulai berlaku 17 Juli 2022, calon penumpang kereta api wajib memenuhi syarat naik kereta api dengan menunjukkan sertifikat vaksinasi booster (dosis ketiga) Covid-19.

VP Public Relations PT. KAI Joni Martinus mengatakan, aturan tersebut mengacu kepada SK Kementerian Perhubungan Nomor 72 Tahun 2022 tanggal 8 Juli 2022. SK tersebut mengatur tentang petunjuk pelaksanaan perjalanan orang dalam negeri dengan transportasi perkeretaapian pada masa pandemi Covid-19.

“KAI mendukung seluruh kebijakan pemerintah untuk perjalanan kereta api di masa pandemi Covid-19. Kebijakan ini diharapkan dapat menekan kembali penyebaran Covid-19 di masyarakat,” tutur Joni, dikutip dari laman kai.id, Kamis (14/7/2022).

KAI mengimbau calon pelanggan untuk melakukan vaksinasi hingga dosis ketiga atau booster untuk mendukung program pemerintah. Kata Joni, PT. KAI sudah menyediakan fasilitas vaksinasi di banyak stasiun dan klinik kesehatan KAI.

Berikut persyaratan naik kereta api selengkapnya:

Syarat naik kereta api jarak jauh

  1. Vaksinasi ketiga (booster) tidak perlu menunjukkan hasil negatif screening Covid-19.
  2. Vaksinasi kedua wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen 1×24 jam atau RT-PCR 3×24 jam sebelum keberangkatan.
  3. Vaksinasi pertama wajib menunjukkan hasil negatif RT-PCR 3×24 jam.
  4. Tidak/ belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil negatif tes RT-PCR 3×24 jam.
  5. Pelanggan usia 6 – 17 tahun wajib menunjukkan kartu/ sertifikat vaksin dosis kedua tanpa menunjukkan hasil negatif screening Covid-19. Jika vaksin dosis pertama wajib menunjukkan hasil negatif RT-PCR 3×24 jam.
  6. Pelanggan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen atau RT-PCR. Namun, wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

Syarat naik kereta api lokal dan aglomerasi

  1. Vaksinasi minimal dosis pertama.
  2. Tidak diwajibkan untuk menunjukkan surat keterangan hasil negatif rapid test antigen atau RT-PCR.
  3. Tidak/ belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.
  4. Pelanggan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin, tetapi wajib ada pendamping yang memenuhi syarat perjalanan.

“Pelanggan yang tidak melengkapi persyaratan akan ditolak untuk berangkat dan dipersilakan untuk membatalkan tiketnya,” kata Joni menegaskan.

Selain persyaratan di atas, para penumpang juga diwajibkan menggunakan masker selama perjalanan di kereta api dan saat berada di stasiun.

“KAI akan memastikan seluruh pelanggan menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Tujuannya untuk tetap menjadikan perjalanan kereta api yang aman, nyaman, dan sehat sampai di stasiun tujuan,” kata Joni. *

Silakan baca:

Lakukan Hal Ini Bila Alami Pelecehan Seksual di Kereta Api

Traveling Naik Kereta Lebih Asyik, Ini 8 Alasannya