BandungKlik – Rest area atau Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) sangat dibutuhkan keberadaannya di jalan tol sehingga fasilitasnya dapat dimanfaatkan pengguna jalan.

Akan tetapi, tahukah Anda? Ternyata ada tiga tipe rest area (TIP) yang terbagi berdasar pada fasilitas yang tersedia. Pada momen libur Lebaran, tak dimungkiri, rest area punya peran yang besar dalam upaya menunjang terciptanya keamanan dan keselamatan.

Secara umum, TIP terbagi menjadi tipe A, B, dan C. Praktiknya, keberadaannya bukan sekadar tempat singgah dan istirahat ketika lelah berkendara, tetapi juga menjadi etalase beragam produk lokal. Selain itu, bisa menjadi tempat edukasi yang memberikan informasi tentang banyak hal, seperti destinasi wisata dan produk UMKM.

Dikutip dari laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol, jarak interval antar-TIP pada arah yang sama diatur dengan berbagai ketentuan. Hal ini juga tercantum dalam Peraturan Menteri PUPR No. 10 Tahun 2018 tentang tempat istirahat dan pelayanan jalan tol.

Tipe A

Memiliki area yang cukup luas dan dilengkapi fasilitas umum yang meliputi ATM, toilet, SPBU, klinik kesehatan, dan minimarket. Selain itu, ada bengkel, musala, kios, tempat parkir, restoran, dan ruang terbuka hijau.

Tipe B

Dibanding TIP Tipe A, TIP Tipe B dibangun di atas area yang lebih kecil. Fasilitas yang disediakan antara lain ATM Center, toilet, minimarket, musala, restoran, dan tempat parkir. Seperti TIP Tipe A, di TIP Tipe B juga tersedia ruang terbuka hijau.

Tipe C

Rest Area Tipe C hadir di atas area yang lebih kecil dari Tipe A dan B. TIP Tipe C meliputi toilet, kedai makanan, musala, ATM center, kios, dan sarana tempat parkir sementara. Adakalanya fasilitas rest area Tipe C hanya dioperasikan pada momen-momen tertentu. Misalnya, saat libur panjang dan libur hari raya, seperti Lebaran.

Bagi Anda yang sedang berkendara melintasi jalan tol, perhatikan waktu istirahat Anda dan rest area bisa jadi opsi terbaik untuk tujuan beristirahat. Utamakan selalu keselamatan, bukan kecepatan. *

 

Silakan baca:

Ucapan dan Doa Sahabat Nabi Saat Idulfitri

10 Rangkaian Kata Mutiara Ucapan Idulfitri

10 Pantun Lucu Ucapan Hari Lebaran

 

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَ مِنْكُمْ

Taqobbalallahu minna wa minkum (Semoga Allah menerima amal kami dan amal kalian). Selamat Hari Raya Iduifitri 1443 Hijriah.” –Redaksi Bandung Klik–