Mi Kocok Bandung Bikin Lidah Bergoyang

mi kocok bandung
Mi kocok dengan kikil sapi yang empuk. (Irwan Akhmad/ BandungKlik).*

 

BandungKlik – Kuliner di Kota Bandung yang membuat lidah bergoyang? Banyak, mi kocok salah satunya. Disantap selagi hangat lebih nikmat.

Mi kocok sudah sejak lama dikenal sebagai makanan favorit warga Bandung. Seiring waktu, hidangan ini menjadi salah satu daya tarik juga bagi masyarakat dari luar Bandung. Sajian mi kocok yang hangat akan membuat badan menjadi lebih segar. Apalagi ditambah dengan gurihnya kuah dan potongan kikil yang empuk.

Mi kocok tersaji sebagai paduan variasi antara mi kuning gepeng dengan tauge segar serta kuah kaldu yang kental. Yang makin bikin lekker, pelengkap utamanya adalah kikil sapi maupun sumsum. Akan tetapi, sebagian penjual menambahkan bakso sehingga hidangan menjadi lebih variatif.

Mi kocok Bandung memang paling khas. Hidangan yang bikin segar ini punya cita rasa yang benar-benar istimewa dan terjaga dari waktu ke waktu. Sebab, pada dasarnya mi kocok tersaji dari bahan-bahan makanan yang menyehatkan. Terlebih, dibumbui campuran rempah-rempah Indonesia.

Silakan baca: Lezatnya Hidangan Nasi Kebuli Al Mustofa Bandung

Silakan baca: Mie Celor Pak Kosim, Kuliner Legendaris di Kota Jambi

Tentu saja, mi kocok berbeda dengan mi bakso ataupun mi ayam. Jika kuah mi bakso lebih encer dan mi ayam cenderung lengket, maka kuah mi kocok lebih kental dan beraroma segar.

Bagi pencinta makanan pedas, rasa mi kocok akan semakin mantap jika telah dikucuri jeruk limau, taburan merica, dan sambal rawit. Bila disantap siang hari saat terik bersama segelas es jeruk segar, mi kocok Bandung memang paling sedap. Jadi, hidangan berbuka puasa saat Ramadan juga tak jadi soal.

Beberapa gerai mi kocok tersebar di Kota Kembang, antara lain Mih Kocok Mang Dadeng dan Mie Kocok Persib di Stadion Persib. Selanjutnya Mie Kocok Mang Nanang Jalan Ternate, dan Mih Kocok Mang Atang di Padasuka. Harga seporsinya mulai dari Rp 27.000. *

Silakan baca: Mencicipi Kelezatan Mie Koba Bangka

Silakan baca: Mie Aceh, Pedas Gurih dan Kaya Rempah