BandungKlik – Turki meluncurkan “Mesopotamia”, sebuah merek yang dirancang untuk mempromosikan potensi pariwisata di wilayah Anatolia. Peluncuran ini digelar Senin (28/6/2021) waktu setempat.

Pada acara tersebut Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Turki Mehmet Nuri Ersoy berbicara. Ia mengatakan, Turki dianugerahi tanah air terkaya. Bahkan, salah satu paling unik di dunia dengan sejarah, budaya, dan struktur geografisnya yang mengagumkan.

“Selangkah demi selangkah, kami akan menerapkan investasi pariwisata di setiap provinsi dengan cara yang paling akurat dan sukses,” kata Ersoy. “Kami akan memberi tanah ini identitas baru dalam hal budaya dan pariwisata.”

Dikutip dari Dailysabah, kata dia mengimbuhkan, “Tak peduli dari sisi mana Anda melihatnya, tanah ini memiliki akumulasi unik untuk dibagikan kepada umat manusia.”

Silakan baca: Madain Saleh, Negeri Batu Peninggalan Bangsa Arab Kuno

Situs Warisan Budaya Dunia di Turki. (whc.unesco.org).*

Proyek promosi dan branding pariwisata di Anatolia di tenggara Turki mencakup sembilan provinsi atau wilayah. Provinsi tersebut adalah Adiyaman, Batman, Diyarbakir, Gaziantep, Kilis, Mardin, Siirt, Şanliurfa dan Şirnak.

Ersoy mengatakan, pengembangan wilayah bisa dilakukan berdasarkan potensinya di bidang alam, budaya, kepercayaan, wisata gastronomi serta wisata ekologi dan termal. Mempromosikan brand ‘Mesopotamia’ adalah langkah pertama yang akan menjadi proyek di seluruh Turki. Terlebih, wilayah Anatolia mencerminkan keragaman pariwisata negara tersebut.

“Di sembilan provinsi ini, lebih dari TL 18,5 juta (sekitar $ 2,1 juta) bantuan proyek dan aplikasi diberikan kepada 611 aset budaya tak bergerak. Sekitar TL 152 juta (sekitar $ 17,3 juta) dialokasikan untuk aplikasi lanskap dan infrastruktur,” kata Ersoy menjelaskan.

Peluncuran “Mesopotamia” juga dihadiri Menteri Perindustrian dan Teknologi Turki Mustafa Varank.

“Dengan melestarikan warisan budaya dan alam, kami ingin menjadikan ‘Mesopotamia’ sebagai merek global,” katanya. Tentunya, kata dia, untuk mengukirnya di benak orang dan memastikan lebih banyak orang datang dan membuat kenangan tak terlupakan.

Kata Varank menekankan bahwa ‘Mesopotamia’ adalah wilayah kuno yang telah menarik orang di setiap periode sejarah. Bahkan, menjadi tuan rumah peradaban yang tak terhitung jumlahnya.

Silakan baca: Al Ahsa Arab Saudi, Oasis Terbesar di Dunia

Situs arkeologi penting di sekitar kawasan itu antara lain arsitektur tradisional dan asli. Selain itu, ada situs keagamaan milik banyak agama, kerajinan tangan, dan masakan lokal yang kaya. Itulah beberapa keindahan yang ditawarkan di sana kepada para pelancong modern. *