BandungKlik – Ajang wisata olahraga bertajuk MesaStila Rails to Trails 16 K sukses digelar di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Ahad (13/3/2022).

Menparekraf Sandiaga Uno berharap wisata olahraga atau sport tourism mampu menggerakkan ekonomi nasional.

“Harapannya ini menjadi pendorong kebangkitan ekonomi masyarakat sekitar hingga nasional. Saya berharap, ini akan terus bergerak dan menggairahkan event-event yang sudah dimulai,” ujar Sandiaga, dikutip dari laman resmi Kemenparekraf.

Ia optimistis sektor pariwisata dan ekonomi kreatif mampu segera bangkit. Kebangkitan tersebut salah satunya dapat ditunjang lewat penyelenggaraan event wisata olahraga, seperti lomba lari, bersepeda, dan triathlon.

Rasa optimistis tersebut juga tampak dari antusiasme peserta yang berpartisipasi di MesaStila Rails to Trails 16 K. Tercatat, ada 256 peserta yang turut ambil bagian dan berpartisipasi dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

MesaStila Rails to Trails 16 K merupakan lomba lari lintas alam. Berbeda dengan lomba lari pada umumnya, lomba ini menyusuri rel dan menyeberangi jembatan antik kereta api uap. Selain pengalaman mengesankan bagi pencinta lari lintas alam, pelari juga dimanjakan dengan panorama indah Jawa Tengah.

Pada kesempatan tersebut, Sandiaga turut berlari dan memulai langkah di wave 4 dengan jarak tempuh sejauh 16 kilometer. Adapun rute yang dilalui adalah Ambarawa – Bedono – Mesastila.

Lebih jauh, Sandiaga mendorong pihak penyelenggara event dapat berinovasi untuk mencari trail yang melewati desa wisata. Hal ini sebagai upaya memperkenalkan program unggulan Kemenparekraf, yakni desa wisata kepada dunia.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Lari Trail Indonesia (ALTI) Bima Arya Sugiarto mengatakan, mendukung penuh pengembangan wisata olahraga di Indonesia.

“Kita akan dukung wisata olahraga di Indonesia. Kita juga akan banyak bersinergi dan berkolaborasi dalam pengembangan ajang wisata olahraga ini, seperti membuat standardisasi dalam penyelenggaraan,” ujarnya. *

Silakan baca:

Ayo Ikuti Ajang Merapi Run 2022, “A Run to Remember”!