Meriahkan HUT ke-76 RI, KAI Hadirkan Livery Khusus

livery khusus kereta lokomotif
Lokomotif dan kereta dengan livery khusus nuansa merah putih. (kai.id).*

 

BandungKlik – Dalam rangka memeriahkan HUT ke-76 Republik Indonesia, KAI menghadirkan livery khusus pada lokomotif dan kereta. Selain itu, ornamen dan dekorasi ulang tahun kemerdekaan juga diaplikasikan di sejumlah stasiun mulai Ahad, 1 Agustus 2021.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, pemasangan livery khusus tersebut sebagai wujud nasionalisme KAI dalam menyediakan konektivitas bagi masyarakat. Dengan desain bernuansa merah putih, kereta menjadi lebih mencolok dan berwarna.

Adapun livery khusus HUT ke-76 Republik Indonesia dipasang pada empat unit lokomotif dan 37 unit kereta yang dirangkaikan pada:

1. Satu rangkaian KA Argo Bromo Anggrek relasi Gambir – Surabaya Pasarturi PP;

2. Satu rangkaian KA Argo Parahyangan relasi Gambir – Bandung PP;

3. Satu rangkaian KA Argo Wilis relasi Bandung – Surabaya Gubeng PP; dan

4. Satu rangkaian KA Gajayana relasi Gambir – Malang PP.

Livery khusus di lokomotif dan kereta didesain dengan gambar bendera Merah Putih, peta Indonesia, dan ikon berbagai kota di Indonesia. Tak lupa, logo HUT ke-76 Republik Indonesia menghiasi livery tersebut.

Nasionalisme

Tahun ini pemerintah menetapkan tema kemerdekaan: “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.” Tulisan atau slogan #KAIUNTUKINDONESIA dengan latar berwarna merah kian menambah unsur dan makna livery tersebut.

“Unsur-unsur yang terkandung dalam livery ini bermakna kesatuan dan persatuan Indonesia dari Sabang sampai Merauke,” ujar Joni. Kata dia, unsur-unsur tersebut untuk mewujudkan tema HUT RI yang diusung tahun ini.

Joni mengatakan, tulisan #KAIUNTUKINDONESIA bermakna KAI berupaya terus maju dan melayani rakyat Indonesia melalui transportasi kereta api. KAI senantiasa menyediakan transportasi yang aman, nyaman, dan selamat kepada masyarakat.

Selain livery lokomotif dan kereta, KAI juga mempercantik 22 stasiun dengan menghadirkan ornamen dan dekorasi bertema kemerdekaan. Ornamen ini dapat dijumpai antara lain di Stasiun Gambir, Bandung, dan Surabaya Gubeng.

Joni berharap, pelanggan dapat turut serta merasakan semangat nasionalisme dengan hadirnya livery khusus di kereta api dan ornamen di stasiun. *

Silakan baca:

Lokomotif Vintage Tahun 1953 – 1991 Hadir Kembali

Jadwal Kereta Api Keberangkatan Agustus 2021

 

Sumber: kai.id