BandungKlik – Bagi Anda yang ingin menguji ketahanan tubuh berendam di kolam air dingin alami, cobalah datang ke Pemandian Citaman Banten. Lokasinya di kaki Gunung Pulosari, Kecamatan Jiput, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Pemandian Citaman Banten dikenal masyarakat setempat sebagai kolam alami dengan air es karena sangat dingin. Dengan suasana yang tenang jauh dari keramaian, cocok untuk melepas penat rutinitas perkotaan.

Nama kolam pemandian tersebut diambil dari nama Desa Citaman. Sesuai dengan namannya “taman”, desa ini berada di kaki gunung dengan pemandangan pedesaan yang asri dan udara dingin. Panorama sekitarnya dikelilingi areal persawahan.

Objek wisata mata air Citaman merupakan salah satu situs purbakala yang berumur lebih dari 2.500 tahun. Kolam alami tersebut sudah ada sejak zaman sebelum Masehi.

Meski sudah berusia ribuan tahun, namun kualitas air di kolam ini masih terjaga kemurniannya sampai saat ini. Bahkan banyak yang bilang bahwa mata air Citaman memiliki air yang sedingin es.

Silakan baca: Berenang di Kolam Air Biru Gua Kristal Kupang

Terbagi menjadi dua kolam dan hanya dibedakan berdasarkan kedalaman. Airnya mengalir langsung dari Gunung Pulosari sehingga terasa sangat dingin, membuat pengunjung tidak akan terlalu bertahan lama untuk berendam.

Dasar kolamnya dipenuhi dengan batu-batu, menjadikan kolam benar-benar alami. Batu-batu besar juga secara alami berada di dalam kolam. Jika disentuh, batu-batu itu juga akan terasa sangat dingin.

Jika sudah mencoba berendam dan tak tahan berlama-lama di dalam air, warung-warung bambu di sekitar kolam bisa menjadi tempat untuk menghangatkan diri dengan secangkir kopi panas.

Aksesibilitas

Letak pemandian yang berada di tengah-tengah persawahan, membuat pengunjung harus rela berjalan kaki terlebih dahulu beberapa ratus meter dari tempat parkir. Jalurnya melewati persawahan dan aliran sungai.

Rute menuju destinasi wisata ini, dapat diakses melalui Jalan Raya Pandeglang-Labuan. Namun, bila datang dari arah pusat kota Pandeglang, dapat mengakses Jalan Mandalawangi hingga tembus ke Kecamatan Jiput. Dari Jiput bisa minta petunjuk warga lokal atau minta diantar hingga ke lokasi.

Silakan baca: Tasikardi, Bukti Kejayaan Kasultanan Banten

Sementara, jika datang dari arah Labuan, Pantai Carita, atau Anyer Serang, ada jalan memotong menuju Kecamatan Jiput dari arah pantai. Akses terakhir untuk menuju Citaman, lewat Menes. Dari Menes, Anda harus menuju arah Pasar Jiput terlebih dahulu sebelum menuju kawasan Citaman.*

 

 

Sumber & Foto: Dispar Prov. Banten