Menparekraf Tinjau Penerapan Prokes Libur Nataru di Bali

menparekraf sandiaga uno
Menparekraf Sandiaga Uno meninjau penerapan protokol kesehatan CHSE atau K4 di Bandar Udara Ngurah Rai Denpasar Bali, Minggu (27/12/2020). (Dok. kemenparekraf.go.id)*

 

BandungKlik – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meninjau langsung penerapan protokol kesehatan (prokes) saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Bali, Minggu (27/12/2020).

Kedatangannya guna memastikan penerapan protokol kesehatan telah dijalankan dengan ketat dan disiplin di salah satu destinasi wisata favorit tersebut.

Dalam kunjungan pertamanya, Menparekraf Sandiaga meninjau kesiapan dan penerapan protokol kesehatan CHSE di Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Denpasar. CHSE atau K4 meliputi Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environmental Sustainability (Keberlangsungan Lingkungan)

Pada kunjungannya itu, Sandiaga melihat langsung alur penumpang saat turun dari pesawat. Lalu, meninjau validasi formulir deklarasi kesehatan (e-HAC) dan surat keterangan hasil uji tes usap (Polymerase Chain Reaction) Covid-19. Sedangkan di area keberangkatan, ia meninjau calon penumpang yang tengah menjalani proses tes cepat (rapid test) Covid-19.

“Ini blusukan. Kita bisa melihat langsung standar CHSE dan cek implementasinya di lapangan,” kata Sandiaga, dikutip dari siaran pers kemenparekraf.go.id. “Bali menjadi semacam champion proses reaktivasi pariwisata nasional pascapandemi,” katanya mengimbuhkan.

Ia optimistis tanda-tanda kebangkitan pariwisata Pulau Dewata mulai terlihat. Di masa pandemi Covid-19, sejak Mei 2020 kedatangan pesawat ke Bali mulai naik 10 kali lipat.

“Wisnus jumlahnya lebih banyak bahkan naik lebih dari 30 kali lipat selama periode Mei sampai November 2020, baik melalui jalur darat maupun udara,” kata Sandiaga.

Ia berharap, wisatawan yang hendak berlibur ke Bali agar tetap menerapkan protokol kesehatan. Sandiaga pun yakin Bali telah sepenuhnya siap menyambut kunjungan wisatawan saat libur Nataru sekaligus makin siap menyongsong kebangkitan pariwisata nasional. *

Silakan baca:

Bandara Soekarno-Hatta Sediakan Airport Health Center