BandungKlik – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI) Sandiaga Uno mengunjungi Pameran PeLukis Luar Biasa#2. Acara berlangsung di Gedung Pusat Kebudayaan, Jalan Naripan No. 9, Kota Bandung, Kamis, 14 Desember 2023 kemarin.

Kunjungan Menparekraf Sandiaga Uno tersebut, merupakan bagian dari kegiatan “Peningkatan Kapasitas Pemangku Kepentingan Wisata Minat Khusus”. Turut hadir pula Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar.

Dalam kunjungan ke Pameran PeLukis Luar Biasa#2 itu,  Sandiaga Uno berkeliling mengagumi sejumlah karya para pelukis disabilitas. Kemudian mendapat cendera mata dari peserta pameran, yang diwakili 2 pelukis penyandang disabilitas. Yaitu Rifki Miftahul Haq perwakilan Jabar dan Perdi perwakilan dari Banten yang bersekolah di Skh 01 Pandeglang Banten

Perdi sendiri merupakan peserta didik berkebutuhan khusus, tunarungu kelas 12 di SKh Negeri 01 Pandeglang, Banten. Ia aktif melukis di Specialneedsartivity (komunitas senirupa disabilitas) sejak tahun 2018.

Kedua pelukis luar biasa tersebut didampingi guru lukisnya Rifki Miftahulhaq, yaitu Ares Gantina dari Jabar. Dan pendamping guru lukisnya Perdi yaitu Khairul Hakim, S.Pd perwakilan dari Banten.

Apresiasi Menparekraf

Menparekraf Sandiaga Uno sangat mengapresiasi dengan karya-karya seni dari para pelukis luar biasa tersebut. Termasuk apresiasi terhadap Gedung Pusat Kebudayaan yang menjadi sarana penting bagi para pelaku ekonomi kreatif dalam memasarkan produk-produknya.

Silakan baca: SMP Salman Al Farisi Bandung Kembangkan Wakaf Suara Audiobook

Lebih lanjut Menparekraf juga bangga karena seluruh lapisan masyarakat bisa berpartisipasi. Salah satunya seperti Komunitas Rasamala yang mengakomodir bakat-bakat lukis dari teman-teman disabilitas serta peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK). Melalui Pameran PeLukis Luar Biasa#2 tersebut.

“Kami mengapresiasi Gedung Yayasan Pusat Kebudayaan ini karena sudah bisa menyediakan ruang dan peluang termasuk bagi produk-produk ekonomi kreatif untuk teman-teman disabilitas. Agar menampilkan karya-karyanya,” tutur Sandiaga yang dikutip dari laman Disparbud Jabar.

Ia juga menambahkan, “Mereka ini memiliki kelebihan kreativitas, totalitas, dan kualitas pada bidang ekonomi kreatif. Untuk itu saya mendukung, dan ini menjadi bagian dari kehadiran pemerintah dalam menyentuh lapisan masyarakat secara inklusif yang ingin beraktivitas. Khususnya di bidang ekonomi kreatif,” tambahnya.

Selanjutnya, Sandiaga Uno juga mendorong peningkatan kapasitas serta pelayanan para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif. Terlebih saat ini memasuki masa libur natal dan tahun baru, sehingga diperkirakan banyak peluang yang bisa dimanfaatkan.

Silakan baca: Mengenal 4 Museum Seni Rupa di Indonesia

“Kita upskiling dan reskilling kemampuan para pelaku ekonomi kreatif di Bandung. Tadi ada beberapa produk yang saya temui. Ada fesyen, kuliner, dan lainnya. Menurut data yang kami peroleh dari tiket.com, masyarakat yang bergerak ke Jawa Barat saat libur Natal dan tahun baru ini didorong oleh wisata kuliner, wisata belanja, dan destinasi-destinasi harus melengkapi layanannya dengan produk-produk UMKM dan kuliner,” terangnya.*