Menparekraf Sandiaga: Pembangunan 5 DSP On The Track

Destinasi Super Priorotas Mandalika
Progres pengembangan sirkuit di Mandalika Nusa Tenggara Barat. (Dok. kemenparekraf.go.id).*

 

BandungKlik – Menparekraf Sandiaga Uno memastikan pembangunan di 5 Destinasi Super Prioritas (DSP) on the track atau sesuai rencana. Hal tersebut disampaikannya saat pertemuan dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Jakarta, Rabu (20/1/2021).

“Pembangunan infrastruktur di 5 Destinasi Super Prioritas insyaAllah siap, all progress on the track. Kita sambut kebangkitan infrastruktur ini dengan penerapan protokol kesehatan yang disiplin,” kata Sandiaga, dikutip dari kemenparekraf.go.id. “Sehingga, saat infrastruktur terbangun, ekonomi masyarakat bisa bergeliat kembali.”

Adapun lima destinasi superprioritas tersebut adalah Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga mencontohkan pengembangan infrastruktur di Mandalika Nusa Tenggara Barat berjalan baik. Diharapkannya, Mandalika siap menggelar perhelatan balap motor internasional Moto GP 2021.

“Moto GP di Mandalika sudah siap. Memang, kelihatannya banyak yang harus dikerjakan. Namun, kami yakin Juli 2021 sirkuit Mandalika bersama fasilitas penunjangnya akan siap. Mudah-mudahan perhelatan ini pada Oktober 2021 bisa diselenggarakan,” tuturnya.

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan, pertemuannya dengan Menparekraf Sandiaga Uno sebagai bentuk kolaborasi antarakementerian atau lembaga dalam pengembangan infrastruktur di kawasan 5 DSP. Bahkan, Mandalika dipantau secara detail sebab menghadapi salah satu agenda besar.

“Kalau Mandalika saya monitor secara detail. Kalau yang sirkuitnya dikerjakan oleh PT PP (Persero) dan di luarnya seperti jalan dari Bandara Zainuddin Abdul Madjid – Mandalika kita akan selesaikan semua sebelum bulan Juli,” tutur Basuki.

Ia yakin, sebelum kunjungan kedua dari Dorna Sport—organisasi penyelenggara Moto GP, semuanya sudah selesai dan siap. Tak hanya Mandalika, Basuki juga menargetkan pembangunan DSP lainnya bisa rampung pertengahan tahun ini.

“Progres pengembangan destinasi lain sebetulnya Desember 2020 harus selesai. Namun, lantaran ada rescoping (pengurangan item pekerjaan), kemudian ada pandemi, kita harap pertengahan tahun ini selesai di Labuan Bajo, Likupang, Toba, dan Borobudur,” kata Basuki. *

Silakan baca:

Inilah Kalender Event NTB 2021, MotoGP Salah Satunya!