Menjelajahi Taman Nasional Way Kambas Lampung

Taman Nasional Way Kambas
Gajah menarik kereta wisatawan di TNWK. (Iwan Gunaesa/BandungKlik)

 

BandungKlik – Jika ingin mencoba berwisata petualangan di hutan sambil menunggangi gajah, datanglah ke Taman Nasional Way Kambas (TNWK). Di sana tersedia sensasi safari rimba bersama gajah-gajah jinak yang terlatih.

Taman Nasional Way Kambas sendiri berada di wilayah Labuhan Ratu, Kabupaten Lampung Timur. Luas areanya mencapai 125.621,30 ha. TNWK merupakan hutan dataran rendah yang awalnya dijadikan sebagai pusat konservasi dan pelatihan gajah.

Taman nasional ini terbagi dalam tiga zona, yaitu zona inti, zona rimba, dan zona pemanfaatan. Zona inti merupakan area khusus dan tidak sembarang orang bisa masuk karena masuk wilayah konservasi dan penelitian saja. Zona rimba yaitu area hutan yang juga dijaga kelestariannya. Sedangkan untuk zona pemanfaatan, bisa dikunjungi para wisatawan.

Di dalam TNWK juga terdapat kawasan Pusat Konservasi Gajah (PKG) untuk gajah Sumatera, penangkaran badak Sumatera (Suaka Rhino Sumatera), dan Way Kanan Resort. Selebihnya ada habitat flora dan fauna yang dilindungi, diantaranya harimau Sumatera, mentok rimba, buaya sepit, tapir, siamang, beruang madu, dan lainnya.

Sering pula ditemukan berbagai jenis burung, seperti bangau tongtong, sempidan biru, kuau raja, burung pependang timur, dan lainnya di bagian pesisir TNWK yang berawa. Sementara flora banyak ditemukan tanaman api-api, pidada, nipah, pandan, gelam.

Namun dari semua fauna yang ada di sana, pengunjung hanya bisa berjumpa dengan gajah jinak di area PKG karena satwa lain masih bersifat liar dan dilindungi.

Silakan baca: Pugung Raharjo, Taman Purbakala di Lampung Timur

Area PKG yang dijadikan zona destinasi wisata ini, menawarkan sejumlah atraksi wisata yang bisa dinikmati pengunjung. Seperti berfoto atau menunggang gajah jinak, menonton atraksi gajah. Kadang di momen tertentu ada panggung hiburan serta event menarik.

Ingin lebih seru, wisatawan bisa memilih paket wisata minat khusus yang disediakan pengelola TNWK. Paket yang menyajikan aktivitas susur sungai di kawasan Way Kanan Resort dan safari jelajah rimba dengan menunggang gajah.

Untuk masuk ke TNWK, pengunjung akan dikenakan biaya masuk dengan harga yang sangat terjangkau, sekitar 5 ribu rupiah per orang. Bagi Anda yang ingin bermalam dekat kawasan TNWK, dapat menginap di homestay milik warga desa-desa penyangga kawasan TNWK.*