Menjelajah Pulau Tawale, Pesona Alam Maluku Utara

Pulau Tawale
Pesona keindahan Pulau Tawale yang tampak mirip Raja Ampat. (dok. Kemenparekraf)

 

BandungKlik – Menjelajah pesona alam bahari di Kepulauan Maluku tak akan ada habisnya karena saking banyaknya destinasi alam yang sangat indah. Terutama keindahan gugusan pulau di Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara. Salah satunya gugusan Pulau Tawale.

Lokasi gugusan Pulau Tawale tepatnya berada di Pulau Kasiruta, Desa Marikuso, Kecamatan Kasiruta Timur, Halmahera Selatan. Bentang alam yang luar biasa indah, dibalut dengan keunikan budayanya.

Di sana terdapat beberapa pulau-pulau kecil yang menyebar di sekitar Tawale. Jika dilihat dari segi ekosistem, gugusan Tawale merupakan pulau yang terbentuk dari batu karang dan memiliki hutan yang masih “perawan”.

Air laut yang begitu jernih dan menyegarkan menambah pesonanya. Hanya dengan mata telanjang, hamparan terumbu karang dengan aneka biota lautnya tampak begitu jelas terlihat. Pesona keindahan yang cantik ini, banyak wisatawan yang menyamakan Tawale dengan Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat.

Destinasi yang satu ini pun, sangat cocok dikunjungi para pencinta wisata bawah laut dan pemburu wisata petualang. Kondisinya masih sangat alami dan jarang tersentuh tangan manusia. Memang layak disebut sebagai surga tersembunyi.

Silakan baca: 

Mulut Seribu di Pulau Rote, “Saudara Kembar” Raja Ampat

Pesona Labuan Bajo Tak Hanya Pulau Komodo

Akses ke sana juga terbilang mudah. Dari Pulau Bacan, wisatawan bisa mengakses dengan menumpangi atau menyewa sped boat dari Pelabuhan Labuha. Jarak dari Labuha ke Tawale ditempuh dengan waktu 1,5 jam perjalanan.

Perjalanan tersebut tak akan terasa lama dan membosankan, karena wisatawan akan dimanjakan indahnya gugusan pulau di Halmahera Selatan. Jangan lupa, jika berkunjung ke sana untuk menyiapkan peralatan camping dan logistik secukupnya. Karena di Pulau Tawale tidak akan menemukan homestay apalagi warung atau rumah makan.*

 

Sumber: Kemenparekraf