BandungKlik – Pantai Kalaki merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). Berlokasi di Desa Panda, Kecamatan Palibelo, tepatnya di kawasan Teluk Bima.

Lanskap pantainya yang berpasir putih dengan ombak tak begitu besar. Dikelilingi panorama alam pegunungan, momen sunset serta sunrise yang memukau membuat Pantai Kalaki menjadi destinasi primadona.

Destinasi wisata ini sangat cocok untuk kegiatan berlibur bersama keluarga. Bahkan sudah dilengkapi sejumlah fasilitas berupa Taman Wisata Kalaki.

Tamannya pun cukup asri, dikelilingi pepohonan rindang dan dilengkapi sarana dan wahana permainan. Seperti waterboom, puluhan gazebo, uma lengge (rumah adat Bima), rumah panggung khas Bima, dan pusat kuliner.

Dari segi hiburan, di tempat itu kerap digelar berbagai acara pariwisata dan budaya Kabupaten Bima. Antara lain Festival Teluk Bima, lomba renang, Parade Perahu Tradisional, dan pertunjukan budaya lainnya.

Silakan baca: Ragam Rumah Adat NTB yang Menarik untuk Dikunjungi

Jika beruntung, wisatawan juga akan disuguhi aktivitas anak-anak dari desa sekitar memandikan dan berlatih kuda pacu di pantai. Pemandangan ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Bima.

Selain berbekal keindahan alamnya, lokasi pantai sangat strategis. Tak jauh dari pusat ibu kota Kabupaten Bima.

Perjalanan ke destinasi pantai tersebut, hanya sekitar 10 menit dari Kota Bima. Lalu dari Bandara Sultan Hasanuddin Bima membutuhkan waktu 5 menit dan 5 menit dari arena pacuan kuda tradisional.

Untuk menuju ke sana, disarankan menggunakan moda transportasi pribadi seperti motor atau mobil karena moda transportasi umum belum banyak. Jika tidak ada, bisa menyewa tukang ojek atau menyewa mikrolet (bemo).

Silakan baca: Kuda Renggong Menari di Atas Kaki Sendiri

Wisatawan yang datang pun tak dikenakan biaya masuk alias gratis. Hanya dikenakan biaya parkir kendaraan.*

 

 

 

Sumber: Dispar Kab. Bima