BandungKlik – Danau Maninjau menjadi salah satu objek wisata Sumatera Barat yang indah dan memukau siapa pun yang meninjaunya. Lokasinya di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Terletak sekitar 140 km sebelah utara Kota Padang dan 36 km dari Bukittinggi. Kemudian berjarak 27 kilometer dari Lubuk Basung, Sumbar.

Berada di ketinggian sekitar 461 mdpl, danau ini membentang sekira 100 km persegi. Dengan kedalaman rata-rata 105 meter. Sehingga menjadikannya sebagai danau terluas ke-11 di Indonesia.

Selain itu, Maninjau menjadi danau terluas ke-2 di Sumbar. Setelah Danau Singkarak yang berada di dua kabupaten, yakni Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Solok.

Secara geologis, Danau Maninjau merupakan sebuah kaldera dari letusan besar gunung api purba. Yaitu Gunung Sitinjau atau Maninjau Purba yang meletus sekitar 52 ribu tahun silam. Jejak endapannya bahkan tampak di Ngarai Sianok, dengan ketebalan 220 meter hingga radius 75 km.

Kaldera itulah yang kemudian menjadi sebuah danau. Proses pembentukan mirip dengan Danau Toba di Sumatera Utara dan Danau Batur di Bali.

Cerita Mitos

Sejarah terbentuk danau ini juga menyimpan cerita mitos menarik yang berkembang secara turun temurun. Konon, asal-usul meletusnya gunung itu berkaitan dengan legenda Bujang Sembilan dan seorang gadis yang merupakan 10 bersaudara.

Silakan baca: Ngarai Sianok Maninjau, Elok dan Memukau

Alkisah, gadis ini menjalin kasih dengan seorang pemuda bernama Sigiran. Hubungan tersebut sayangnya tak direstui seluruh saudara lelakinya.

 

Klik halaman berikutnya