Menikmati Teluk Ciletuh dari Puncak Darma

ciletuh
Teluk Ciletuh yang berbentuk tapal kuda dilihat dari Puncak Darma. (Helmy).*

 

BandungKlik – Tak syak lagi, kekayaan alam yang masuk dalam kawasan Taman Bumi (Geopark) Ciletuh-Palabuhanratu punya keistimewaan dan keunikan. Kurang afdal pula rasanya kalau kita melancong ke kawasan taman bumi tersebut tanpa menikmati keindahan Teluk Ciletuh yang ikonik.

Teluk ini sudah demikian familiar terutama di kalangan pencinta bumi dan traveler sejak dua dekade terakhir. Keeksotisan teluk tersebut yang pada masa Hindia Belanda disebut zand-baai (teluk pasir), begitu cepat menyebar dan meluas terutama di media sosial. Padahal, sebelum-sebelumnya hanya dikenal sebagian orang saja khususnya nelayan, geologiwan, dan penambang emas.

Teluk Ciletuh dan kawasan lainnya yang masuk Taman Bumi Ciletuh Palabuhanratu kian mendunia setelah masuk daftar jaringan Unesco Global Geopark pada 2018.

Bentuk Teluk Ciletuh yang menyerupai tapal kuda memang begitu unik. Terlebih, jika dilihat dari ketinggian semisal di Puncak Darma. Seturut penelitian, kedalaman air Teluk Ciletuh agak landai ke arah barat dengan kedalaman maksimal sekira 200 meter serta membentuk lembah.

Puncak Darma adalah salah satu dataran tertinggi di kawasan Taman Bumi Ciletuh. Bukit ini berada di ketinggian 230 mdpl di Desa Girimukti Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi. Sebelum menjelajah taman bumi ini, biasanya wisatawan menikmati panorama lanskap dari Puncak Darma.

Warna biru pirus Teluk Ciletuh benar-benar memanjakan mata dilihat dari puncak ini. Waktu terbaik menikmati keindahan alamnya saat matahari terbenam karena bukit menghadap ke barat.

Jika kita ingin bermain air di tepi teluk, maka mesti menginjakkan kaki di pantai tapal kuda itu. Itulah Pantai Palangpang. Tak jauh dari pantai tersebut kita juga bisa menikmati Curug Cimarinjung yang indah.

Di Puncak Darma terdapat kedai-kedai jajanan dan toilet umum bagi wisawatan. Tempat ini dibuka pukul 08.00 hingga malam. Jangan lewatkan, pemandangan malam berhias lampu di taman bumi dari bukit ini tak kalah menarik. *

Silakan baca:

Pantai Indrayanti, Primadona Wisata Bahari di Yogyakarta