Menikmati Suasana Asri dan Beningnya Situ Cisamping

Situ Cisamping
Situ Cisamping di Pangandaran yang tampak asri.

 

BandungKlik – Kabupaten Pangandaran di Jawa Barat yang identik dengan wisata pantainya, juga menyimpan alternatif destinasi wisata alam lain berupa danau asri berair bening yang dinamai Situ Cisamping.

Situ atau danau ini merupakan destinasi wisata alam yang berlokasi di Dusun Mandala, Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Berjarak sekitar 26 km dari Bundaran Marlin Pangandaran ke arah Pantai Batukaras.

Menuju ke sana pun cukup mudah, di sepanjang perjalanan sudah banyak papan petunjuk arah. Moda transportasi bisa menggunakan kendaraan sewa atau pribadi dengan waktu tempuh sekitar 44 menit.

Destinasi Situ Cisamping bisa jadi salah satu alternatif berwisata sebelum mengunjungi Pantai Batukaras. Di sana wisatawan bisa menikmati danau asri yang menurut masyarakat setempat, airnya tak pernah surut meski musim kemarau.

Panorama alamnya pun sejuk, air danaunya bening, serta pepohonan rimbun di sekitar danau. Dipadu lagi dengan semilirnya angin, sungguh memanjakan dan menyegarkan para wisatawan yang ingin melapas penat akibat rutinitas keseharian.

Objek wisata yang cocok untuk liburan keluarga tersebut, dilengkapi beragam atraksi wisata dan fasilitas penunjang. Wisatawan bisa berenang, berkemah, memancing, atau berperahu menggunakan bebek gowes mengelilingi situ.

Bisa juga menikmati suasana dengan jalan-jalan melihat aktivitas keseharian penduduk sekitar situ. Atau lebih memilih untuk sekadar relaksasi mata dengan duduk-duduk sembari menikmati suasana sejuknya alam Situ Cisamping.

Silakan baca: Tujuh Wisata Pantai Terindah di Pangandaran

Sementara fasilitas wisata yang tersedia di destinasi wisata alam Situ Cisamping, antara lain musala, dapur umum, kamar mandi, rest area, dan lainnya.

Selain sebagai destinasi wisata, Situ Cisamping dengan airnya yang bening itu, dimanfaatkan warga sekitar sebagai sumber air untuk kebutuhan sehari-hari.*

 

 

Sumber & Foto: Disparbud Pangandaran