Menikmati Lanskap Keindahan Alam Pantai Tikus

pantai Tikus
Keindahan Lanskap Pantai Tikus, Bangka. (Iwan Gunaesa/BandungKlik)

 

BandungKlik – Pantai Tikus berada di Parit Padang, Sungai Liat, Bangka. Lanskap pantainya begitu indah dengan hamparan pasir putih dihiasi batu-batu granit besar. Ditambah suasana yang tenang dan nyaman untuk melepas penat.

Nama pantai tersebut lahir karena di areal pantai terdapat jalan setapak atau biasa disebut jalan tikus. Menurut masyarakat setempat, konon jalan tikus tersebut merupakan jalan para penambang gelap untuk membawa timah.

Pantai ini pun sering disebut dengan Pantai Kebun Mangga. Pasalnya, di sekitarnya memang banyak tumbuh pohon mangga.

Selain itu, juga dikenal dengan sebutan Pantai Nirwana karena berada dekat sebuah puri mirip bangunan Pagoda, bernama Puri Tri Agung. Dari atas tempat bangunan puri berada, keindahan Pantai Tikus pun dapat dinikmati.

Destinasi wisata Pantai Tikus diapit dua pantai terkenal lainnya dan masih satu garis pantai. Yaitu Pantai Rebo dan Pantai Tikus Emas.

Silakan baca: Puri Tri Agung Bangka, Berdiri Megah Menghadap Lautan

Keindahan alam Pantai Tikus sudah tak diragukan lagi. Kondisi alamnya pun masih jarang terjamah manusia. Berbagai ukuran batu granit yang menghiasi, menambah pesona kecantikan Pantai Tikus.

Lebih menarik lagi, untuk menikmati pesona alamnya, pengunjung bisa menaiki batu granit besar yang banyak terdapat di sana. Dari atas batu itu, dapat puas menikmati panorama pantai sejauh mata memandang. Kapal-kapal besar milik tambang timah di lepas pantai pun jadi objek menarik.

Jangan lupa swafoto dengan latar lanskap pantai. Pilihan waktu yang tepat untuk berburu foto-foto sempurna di pantai ini, yakni saat pagi hari sebelum matahari terbit atau menjelang sore hari untuk mendapatkan momen sunset.

Akses menuju ke sana sangat mudah, walaupun berada di daerah perbukitan. Wisatawan dapat berkendara dari Pantai Tajung Pesona menuju arah selatan menyusuri jalan lintas timur dengan jarak tempuh hanya sekitar 10 menit perjalanan.

Sementara jika menggunakan rute dari arah selatan atau arah kota Pangkalpinang, wisatawan dapat menempuh jalan lintas timur yang sekarang sudah sangat mulus. Dari Pangkalpinang, perjalanan menuju ke sana hanya memerlukan waktu sekitar 45 menit perjalanan.

Silakan baca: Relaksasi Mata di Pantai Tanjung Pesona Bangka

Namun untuk kendaraan roda empat atau bus tidak bisa turun ke area pantai. Jadi harus siap berjalan kaki untuk sampai ke area pantai guna menikmati pesona keindahan pantai dari dekat.*