BandungKlik – Buat kalian yang mau liburan ke Banyuwangi wajib masukkan Sendang Seruni ke dalam daftar kunjungan. Destinasi wisata ini menawarkan kesegaran air alami di kolam pemandian dan keindahan panorama alam.

Istimewanya air di kolam pemandian tersebut berasal dari 7 sumber mata air alami yang mengalir di dasar kolam. Selain itu, suasana tempat ini sangat sejuk dan nyaman karena berada di wilayah kaki Gunung Ijen.

Ketika berada di Sendang Seruni, kalian bisa menikmati kesegaran dan jernihnya air di kolam. Sangat nyaman buat relaksasi tubuh dan pikiran dari kepenatan rutinitas sehari-hari. Serta memanjakan mata dengan pemandangan sekitar yang indah.

Menurut masyarakat setempat dari cerita nenek moyang mereka, Sendang Seruni dahulunya merupakan sumber mata air yang disebut sumber Seruni. Karena sekelilingnya terdapat hutan dan tanaman bunga seruni.

Di tempat inilah ada 7 sumber mata air jernih yang menyatu menjadi satu. Sumber mata air tersebut mengalir dari salah satu pegunungan. Lalu membentuk danau kecil yang masyarakat manfaatkan untuk mandi. Bahkan dipercaya pernah menjadi tempat mandi para bidadari.

Silakan baca: Pesona Seribu Patung Penari di Taman Gandrung Terakota

Penduduk asli Banyuwangi yakni masyarakat Osing, menyebut tempat ini dengan nama “Sendang”. Di sekitar sumber mata air ini banyak tumbuh bunga seruni. Sehingga mereka memberi nama “Sendang Seruni”.

Bukan hanya itu, mereka pun meyakini air dari sendang tersebut bisa membuat awet muda dan mampu mengurangi penyakit dalam. Serta melepas rasa capek pada tubuh dengan kesegaran air alaminya.

Setiap satu tahun sekali, tepatnya di malam satu Suro, masyarakat Osing di sana mengadakan ritual rutin untuk menghormati leluhur yang terdahulu. Agar 7 sumber mata air di Sendang Seruni tetap terjaga kelestariannya, serta pengunjung terjaga keselamatannya.

Perlu diketahui juga, di tempat ini ada beberapa ketentuan dan peraturan. Salah satunya, khusus perempuan yang sedang berhalangan tidak boleh melewati 7 sumber mata air tanpa seizin dari juru kunci karena cukup sakral.

Lokasi & Fasilitas Wisata

Objek wisata ini berlokasi di Dusun Sumberwatu, Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Kalian dapat menjangkaunya dengan naik kendaraan bermotor. Baik roda dua maupun roda empat.

Silakan baca: Camilan Khas Banyuwangi yang Patut Dicoba

Sendang Seruni Banyuwangi ini juga sudah menyediakan berbagai fasilitas pendukung wisatawan. Seperti pendopo Seruni, kolam renang dewasa, kolam anak-anak, gazebo, amfiteater, pojok UMKM kuliner, Taman Seruni, dan lainnya.*