BandungKlik – Kota “Gaplek” Wonogiri, Jawa Tengah menyimpan sejuta pesona destinasi wisata yang seolah tak habis untuk ditelusuri. Seperti tiga bukit di Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri yang menjadi spot terbaik menikmati pesona keindahan Waduk Gajah Mungkur dari ketinggian.

Panorama Waduk Gajah Mungkur berupa hamparan sabuk hijau yang mengelilingi beserta jajaran permukiman penduduk tampak memesona. Ditambah hiasan alam berbentuk lapisan perbukitan kars yang memanjakan mata.

Berikut tiga bukit yang menyajikan pesona keindahan waduk tersebut, antara lain Bukit Soko Gunung, Bukit Joglo, dan Puncak Watu Cenik. Dari ketiga tempat ini, Bukit Soko Gunung menjadi bukit yang tertinggi.

Bukit Soko Gunung

Soko Gunung spot di Waduk Gajah Mungkur

Bukit tertinggi Soko Gunung ini berada di ketinggian 780 mdpl. Di sana terdapat sekira tiga dek pengamatan yang bisa menjadi spot untuk berburu foto terbaik, berswafoto, atau sekadar menikmati keindahan hamparan Waduk Gajah Mungkur.

Silakan baca: Inilah 6 Alasan Liburan ke Kota Solo

Namun untuk tiba di titik dek tersebut, pengunjung harus melakukan trekking singkat di jalur yang sedikit menanjak. Di dek pertama, pengelola menyediakan bangku panjang. Dek kedua hanya berupa bebatuan gamping besar, dari titik ini sudah tampak pemandangan waduk dan Kota Wonogiri.

Kemudian pada dek ketiga terdapat menara pandang dari bambu dan jembatan selfie yang jadi titik favorit pengunjung. Di titik ini, pengunjung bisa puas menikmati panorama waduk dan jangan lupa abadikan momen dengan jepretan kamera.

Bukit Joglo

Puncak Joglo Wonogiri

Bukit Joglo memiliki ketinggian lebih rendah dari Puncak Soko Gunung. Namun tempatnya yang lapang membuat pemandangan Waduk Gajah Mungkur jauh lebih jelas terlihat. Bukit Joglo juga kerap disebut sebagai Bukit Gantole, karena masih menjadi titik pelepasan ramp gantole yang aktif beroperasi.

Silakan baca: Waduk Darma, Danau Buatan yang Memesona

Di waktu tertentu saat angin bertiup tak terlalu kencang, wisatawan bisa menyaksikan sejumlah atlet berpacu dengan angin mengendalikan gantole. Wisatawan pun boleh menjajal tandem jika punya kocek berlebih. Tersedia pula fasilitas lainnya, seperti kantin, mushala, dan gazebo.

Puncak Watu Cenik

Puncak Watu Cenik

Bukit ketiga untuk menikmati keindahan Waduk Gajah Mungkur, yaitu Puncak Watu Cenik. Lokasinya berada di sekitar pelepasan ramp gantole yang pertama. Di area ini juga terdapat makam dan petilasan leluhur desa.

Watu Cenik merupakan puncak terpendek di antara tiga bukit tersebut, namun menjadi spot terdekat untuk menyaksikan pesona waduk. Tampak keelokan waduk yang membendung sungai terpanjang di Pulau Jawa itu, berpadu apik dengan kepungan perbukitan kapur Gunung Sewu.

Di permukaan waduk, terdapat deretan karamba ikan milik nelayan. Ada juga Letter board raksasa bertuliskan “Watu Cenik” yang menjadi spot foto ciamik. Jika banyak waktu senggang, nikmati pula momen sunset di titik ini dan rasakan bius senja yang perlahan tenggelam di balik perbukitan.

Itulah tiga bukit di Wonogiri yang menjadi spot terbaik menikmati keindahan Waduk Gajah Mungkur. Rute untuk menuju ke lokasi ini sangatlah mudah. Dari Kota Wonogiri, hanya perlu mengikuti papan petunjuk ke arah Waduk Gajah Mungkur atau Kecamatan Wuryantoro.

Silakan baca: Situ Cileunca, Panorama Romantis yang Memanjakan Mata

Setelah jembatan waduk, belok ke kanan di gang pertama. Dari belokan ini, kendaraan akan terus bertemu rute curam menanjak, berkelok, dan sempit.*

 

Sumber & Foto: pariwisatasolo.surakarta.go.id