BandungKlik – Ketika akhir pekan tiba, asyiknya kita isi dengan liburan untuk melepas kepenatan dari rutinitas sehari-hari. Bagi kalian yang senang berwisata ke pantai, minggu ini bisa pilih berangkat ke Kabupaten Pacitan. Di sana banyak deretan pantai menawan, salah satunya Pantai Buyutan.

Destinasi wisata bahari tersebut menyajikan garis pantai yang panjang dan hamparan pasir putih yang memesona. Berpadu indah dengan birunya laut dan latar perbukitan hijau, serta tebing tepi laut yang memanjang ke arah barat.

Pantai Buyutan Pacitan memiliki daya tarik sekaligus menjadi ciri khas, yakni berupa gugusan batu karang di areal lepas pantainya. Uniknya, karang-karang tersebut mempunyai nama masing-masing. Antara lain Watu Bale, Watu Pasar, Watu Kerun, Watu Kenong, dan Watu Narada.

Satu di antara batu karang itu, yaitu Watu Narada, penamaannya tidak lepas dari legenda yang ada di destinasi wisata pantai ini. Bentuk batunya mirip dengan sebuah mahkota.

Konon, legenda batu tersebut berupa mahkota Dewa Narada dalam pewayangan Jawa. Kisahnya ketika ia terbang di atas pantai ini, mahkotanya terjatuh. Sehingga batu karang mirip mahkota tersebut pun bernama Watu Narada.

Silakan baca: Kalender Event Jawa Timur 2023 Hadirkan 254 Acara

Sebelum tiba di Pantai Buyutan, wisatawan juga akan disuguhi perkebunan kedelai yang begitu luas dengan warna hijau bercampur kuning. Perkebunan ini biasanya akan terlihat cantik di periode April hingga Mei karena curah hujan sudah mulai berkurang. Saat puncak musim hujan, maka kebun kedelai berubah menjadi area persawahan.

Masih ada lagi daya tarik lain dari objek pantai di Pacitan ini, yaitu berupa wisata olahraga paralayang. Di sini wisatawan yang hobi atau punya keberanian bisa mencoba paralayang untuk menikmati keindahan kawasan pantai dari ketinggian.

Wisata Olahraga & Lokasi Pantai Buyutan

Walaupun termasuk salah satu olahraga ekstrem, tetapi tingkat keamanan terjamin dan sensasinya bikin seru. Bagi kalian yang baru mencoba dapat melakukannya dengan tandem bersama operator di sana.

Perpaduan antara pemandangan elok dengan tantangan terbang di atas samudera, menjadi suatu pengalaman yang berkesan. Wajib wisatawan coba lakukan!

Lokasi Pantai Buyutan terletak di Dusun Tumpak Watu, Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Berjarak kurang lebih 30 km dari pusat kota Pacitan.

Silakan baca: Museum Kereta Api Bondowoso, Pertama di Jawa Timur

Untuk menuju ke sana, wisatawan bisa menempuhnya menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Dengan waktu perjalanan sekitar 30 menit sampai 1 jam.*