BandungKlik – Warga Bandung tentunya sudah tidak asing lagi dengan minuman tradisional bernama bandrek. Yups, minuman khas parahyangan ini selain nikmat juga kaya khasiat. Minuman berbahan dasar rempah jahe dan gula merah yang begitu digandrungi terutama saat cuaca dingin.

Di wilayah Bandung sendiri banyak penjual minuman rempah ini. Namun ada satu penjual yang kini tengah diminati banyak pengunjung di kawasan Bandung Timur, yakni warung bandrek Ibu Neneng.

Bukan tanpa alasan memang, selain kenikmatan minuman yang diolah secara alami dengan bahan dasar rempah terbaik, di sini pengunjung juga akan disuguhkan panorama Kota Bandung yang menakjubkan dari ketinggian. Bahkan, pengunjung juga bisa merasakan fenomena alam sunset dan sunrise sembari menyuruput hangatnya secangkir bandrek.

Warung Bu Neneng tersebut berada di dataran tinggi atau tepatnya berlokasi di Kampung Legok, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung. Dengan meja duduk yang disediakan, Warung Bu Neneng sangat cocok untuk bercengkrama bareng sanak keluarga dan sahabat.

Silakan baca: Ini 5 Rekomendasi Tempat Brunch di Kota Bandung

Selaku pemilik, Neneng mengatakan bandrek yang dibuatnya berbahan dasar alami. Sehingga kenikmatan serta khasiatnya bisa terjamin. Selain bandrek, warungnya juga menyediakan berbagai panganan tradisional lain, seperti aneka macam gorengan dan lainnya.

“Untuk bandrek original, harga hanya Rp 4 ribu per gelas. Sedangkan, bandrek susu harganya Rp 5 ribu per gelas. Cukup murah lah,” katanya.

Bandrek Bu Neneng
Bu Neneng selaku pemilik warung. (Foto Fajar)

Neneng menyebutkan, kebanyakan pengunjung yang datang berasal dari rombongan jalan santai atau bersepeda. Warungnya buka setiap hari mulai pukul 06.00 sampai 21.00 WIB.

“Warung ini mulai dibuka sekitar 1 tahun yang lalu. Tepatnya sejak ada pandemi covid-19. Bertepatan dengan itu, muncul ide bisnis bandrek yang diyakini berkhasiat untuk menjaga kondisi tubuh. Sehingga, dengan meminumnya mudah-mudahan bisa terhindar dari wabah penyakit tersebut,” jelasnya.

Salah satu pengunjung asal Pasir Jati Ujungberung, Yani, menyatakan warung Bu Neneng ini sangat nyaman dipakai nongkrong. Apalagi dengan pemandangan Kota Bandung-nya yang sangat indah ditambah udaranya sangat segar.

Silakan baca: Museum Mandala Wangsit Siliwangi, Pamerkan Koleksi Sejarah

“Untuk bandreknya sendiri ini sangat luar biasa. Rasa rempah alaminya begitu terasa di lidah,” ungkapnya.* (Fajar)