BandungKlik – Situs Giri Kedaton merupakan istana (kedaton) peninggalan Sunan Giri di daerah Gresik, Jawa Timur sekitar abad ke-15 sampai 17. Tempat ini sebagai pusat pemerintahan Sunan Giri atau Raden Paku, salah seorang Walisongo.

Bersumber dari laman cagarbudaya.kemdikbud, Giri Kedaton didirikan Raden Paku pada tahun 1487. Keberadaannya diawali dari permintaan sang ayah, bernama Maulana Ishak, seorang ulama di Pasai. Ayahnya itu menyuruh Raden Paku untuk membangun sebuah pondok pesantren di daerah Gresik.

Akhirnya Raden Paku menemukan tanah yang mirip dengan tempat tinggal ayahnya. Tanah itu terletak di Bukit Giri (sekarang masuk Kecamatan Kebomas, Gresik).

Silakan baca: Makam Wali Songo, Wisata Religi Favorit Saat Ramadan

Di atas bukit itulah kemudian didirikan sebuah pesantren bernama Giri Kedaton. Raden Paku sebagai pemimpinnya yang bergelar Prabu Satmata atau Sunan Giri I. Selanjutnya pesantren dan pusat agama Islam tersebut diteruskan secara turun temurun oleh para keturunannya.

Bentuk Bangunan

Bangunan di Situs Giri Kedaton berdenah persegi empat di sebuah bukit yang dibuat teras berundak-undak. Terdiri atas lima teras yang semakin ke atas semakin kecil.

Antara teras satu dengan teras yang lainnya ditandai dengan struktur dinding teras. Bangunan teras berundak ini terbilang unik karena dibuat menyesuaikan dengan kontur tanah yang ada. Pada beberapa bagian halaman teras terdapat fasilitas dan tinggalan arkeologi lainnya.

Berbekal nilai historis tersebut, situs ini pun banyak didatangi peziarah maupun wisatawan umum sebagai tempat bermunajad dan belajar sejarah bangunan kuno. Konon, menurut cerita warga setempat, tempat ini juga merupakan tempat pengukuhan raja-raja Islam Demak sampai Pajang.

Di sana juga dibangun sebuah masjid atau pondok pesantren yang pertama di Giri. Namun sayang kini tinggal menyisakan puing-puing saja. Termasuk kelengkapan kedaton lainnya berupa batu pelinggihan, kolam wudhu, dan dinding pagar kuno. Di belakang masjid terdapat pula makam Raden Supeno, putra Sunan Giri yang meninggal ketika masih remaja.

Silakan baca: Fakta-Fakta Menarik Gunung Api Semeru di Jawa Timur

Lokasi Situs Giri Kedaton berada di puncak sebuah bukit dengan tanjakan tajam yang relatif curam. Tepatnya di wilayah Kelurahan Sidomukti, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, berjarak sekitar 200 meter sebelah selatan dari kompleks makam Sunan Giri.*

 

 

Sumber & Foto: Disparbud Kab. Gresik