BandungKlik – Rasa takjub akan muncul kala berkunjung ke destinasi Madurodam di Belanda. Sebuah taman miniatur ikon kota yang keren karena mirip dengan suasana aslinya. Kalau di Indonesia, seperti Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Taman miniatur kota tersebut dibangun pada tahun 1952 dan dibuat berskala 1 : 25 dengan bentuk aslinya. Dibangun di atas lahan seluas 10 ribu meter persegi. Lokasinya berada di Distrik Scheveningen, Den Haag, Belanda, dekat dengan Scheveningen Beach.

Nama Madurodam berasal dari nama George Maduro. Seorang pelajar dari Curacao yang meninggal di kamp konsentrasi Dachau pada 1945. Lalu orang tuanya menyumbangkan uang untuk membangun Taman Madurodam tersebut.

Saat masuk taman, pengunjung akan disuguhi replika bangunan gedung, stadion bola, kincir angin khas Belanda, dan landmark kota. Pokoknya taman tersebut persis layaknya sebuah kota dengan suasana khas Eropa.

Beberapa replika bangunan bersejarah dan terkenal di Belanda pun ada di sana. Diantaranya Rijks Museum, Anne Frank’s House, Peace Palace, Binnehof, Delta Works, Kincir Angin, Cheese Market, pabrik sepatu kayu, kebun bunga tulip, bandara, pelabuhan, dan lainnya.

Silakan baca: Tips Rekreasi ke Theme Park, Biar Tambah Asyik

Tak hanya model replika bangunan, taman itu juga dilengkapi berbagai media interaktif yang bisa dimainkan pengunjung. Seperti memadamkan kapal laut yang terbakar, playground, toko suvenir, dan restoran.

Sensasi menarik yang didapat di sana, pengunjung bisa berkeliling taman dan merasa menjadi seorang raksasa yang turun ke kota. Momen itulah yang sangat menarik dan unik jika diabadikan dalam foto.*

 

Nama tempat: Madurodam

Alamat: George Maduroplein 1, 2584 RZ Den Haag, Belanda

Jam buka: 09.00 – 20.00

Transportasi: Naik tram 9 ke arah Den haag Centraal stop Schedeldoekshaven, kemudian naik bus jalur 69 atau 79 ke Scheveningen Noorderstrand, berhenti di Madurodam. Naik bus 22 ke arah Duinzigt, berhenti di Plesmanweg.