Mengunjungi Curug Gorobog di Sumedang Selatan

Curug Gorobog Sumedang
Suasana asri Curug Gorobog. (dok. Kompepar Sumedang Selatan)

 

BandungKlik – Selain dikenal sebagai “Puser Budaya Sunda”,  Sumedang juga menyimpan banyak destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa masih “perawan” dan tersembunyi, seperti Curug Gorobog, air terjun cantik di Sumedang Selatan.

Curug Gorobog berada di jalur menuju Margawindu, Desa Citengah, Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Berjarak sekitar 15 kilometer dari pusat kota Sumedang.

Destinasi wisata alam ini tak hanya menyajikan kesegaran dan keindahan air terjun, tapi juga pemandangan alam sekitar berupa hutan nan asri dengan udara sejuk. Lokasinya pun berdekatan dengan hamparan hijau perkebunan teh.

Tinggi Curug Gorobog sekitar 40 meter dengan tiga tingkatan jatuhan air. Menariknya lagi, tingkatan alami itu bisa didaki. Namun wisatawan diharapkan tetap berhati-hati jika ingin mencoba mendaki.

Menurut Ating dari Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Kecamatan Sumedang Selatan mengungkapkan, Curug Gorobog biasanya ramai dikunjungi wisatawan saat libur panjang, seperti libur lebaran.

Silakan baca: Mengenal Benteng Pandjoenan dan Simbol Dua Kunci

“Saat libur lebaran Idul Fitri, Curug Gorobog sangat ramai, sampai macet hingga ke daerah bawah. Banyak pengunjung yang penasaran dengan curug ini. Selain itu juga banyak juga yang menuju Kampung Karuhun dan perkebunan teh di sebelah atas curug,” ungkapnya saat ditemui di lokasi beberapa waktu lalu.

Berenang atau sekadar bermain di kolam jatuhan air terjun yang segar bisa menjadi pilihan bagi wisatawan yang datang. Lanskap alamnya yang indah juga sangat cocok untuk kegiatan fotografi. Oh ya, jangan lupa swafoto dengan latar air terjun.

Untuk menuju ke Curug Gorobog, wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat ataupun ojeg. Rutenya dari Alun-alun Sumedang bergerak ke arah timur menyusuri Jalan R.A. Kartini menuju ke daerah Citengah di sebelah selatan kota Sumedang.

Silakan baca: Curug Cipamingkis, Nirwana Tersembunyi di Bogor

Kemudian dari Citengah dilanjutkan ke arah pegunungan Margawindu. Sebelum memasuki perkebunan teh Margawindu, terlihat gerbang di sebelah kiri jalan. Dari jalan raya itu tinggal menyusuri jalan kecil sekitar 500 meter menuju curug.

Sedikit tips, jika menggunakan kendaraan pribadi pastikan dalam kondisi prima dan bahan bakar cukup, karena jalur yang ditempuh berkelok-kelok menanjak. Namun kontur jalannya beraspal dan masih cukup baik. Tetap patuhi pula protokol kesehatan di masa pandemi seperti sekarang ini.*