BandungKlik – Perhelatan turnamen sepak bola Piala Asia 2023 di Qatar akan digelar di sembilan stadion. Piala Asia edisi ke-18 ini berlangsung selama sebulan mulai 12 Januari hingga 10 Februari 2024. Turnamen akan menyajikan total 51 laga dari babak penyisihan grup sampai final.

Tujuh dari sembilan stadion yang dipersiapkan tuan rumah adalah stadion yang menjadi venue Piala Dunia 2022 lalu. Berikut daftarnya.

1. Stadion Abdullah bin Khalifa

Memiliki kapasitas sekira 10.000 kursi, Stadion Abdullah bin Khalifa adalah stadion terkecil yang menjadi venue Piala Asia 2023. Dengan filosofi “where leadership meets simplicity and elegance”, stadion di Doha ini akan menjadi saksi enam laga di babak penyisihan. Laga Vietnam versus Indonesia dan satu laga babak 16 besar akan digelar di stadion ini.

2. Stadion Jassim bin Hamad

Berlokasi di Doha, Stadion Jassim bin Hamad memiliki tribun penonton 13.030 kursi sekaligus stadion dengan kapasitas terkecil kedua di turnamen. Stadion yang mengusung slogan “where the game of football is everything” akan menjadi venue enam laga babak penyisihan. Satu laga babak 16 besar juga akan berlangsung di stadion mungil tapi elegan ini.

3. Stadion Ahmad bin Ali

Mengusung filosofi “where desert story unfold”, Stadion Ahmad bin Ali mampu menampung penonton hingga 45.032 orang. Berlokasi di Ar-Rayyan, stadion megah ini akan menjadi tempat berlangsungnya empat laga babak penyisihan, termasuk Indonesia versus Irak. Selain itu, stadion ini akan menggelar satu laga babak 16 besar, satu perempat final, dan satu laga semifinal.

4. Stadion Al Bayt

Tak heran “The warmest of Arab welcomes” disematkan pada Stadion Al Bayt karena atap tribunnya berbentuk tenda nomaden bangsa Arab. Berkapasitas 68.895 kursi, stadion di Al Khor ini akan menjadi saksi dua laga di babak penyisihan. Pada fase gugur, yaitu satu laga babak 16 besar dan satu laga perempat final akan digelar di stadion dengan tampilan “Arab banget” ini.

5. Stadion Al Janoub

Filosofi “Football sails into a new era” disematkan pada Stadion Al Janoub yang berdiri megah di Al Wakrah. Dengan atap yang bisa dibuka, stadion yang terinspirasi oleh layar perahu dhow memiliki kapasitas tribun penonton 44.325 kursi. Sebanyak empat laga babak penyisihan, satu laga babak 16 besar, dan satu laga perempat final akan digelar di stadion ini.

6. Stadion Al Thumama

“A venue steeped in local culture and tradition” stadion ini salah satunya mengacu pada desainnya yang merepresentasikan gahfiya, topi anyaman tradisional. Stadion Al Thumama yang berlokasi di Doha ini memiliki kapasitas tribun 44.400 kursi. Ada empat laga babak penyisihan yang akan dimainkan di stadion tersebut, termasuk laga Jepang kontra Indonesia. Satu lagi adalah laga semifinal.

7. Stadion Education City

Fasad stadion di Ar-Rayyan ini menampilkan segitiga yang membentuk pola geometris rumit seperti berlian, “a shimmering jewel of inspiration”. Selain megah, stadion ini termasuk besar dengan total kapasitas penonton 44.667 orang. Sebanyak empat laga babak penyisihan akan digelar di stadion ini. Stadion Education City juga menjadi venue satu laga babak 16 besar dan satu perempat final.

8. Stadion Internasional Khalifa

Dengan nilai filosofi “a sporting legend re-energised”, Stadion Internasional Khalifa di Doha akan menjadi penyemangat lima laga di babak penyisihan. Satu laga di babak 16 besar juga akan berlangsung di stadion berkapasitas 45.857 penonton. Sistem pencahayaan LED yang melengkapi stadion megah ini akan menambah suasana stadion semakin bersemangat.

9. Stadion Lusail

Stadion Lusail adalah stadion terbesar yang digunakan di Piala Asia 2023 dengan 88.966 kursi. Nilai filosofi “alive with heritage, an icon for the future” stadion ini akan menyambut upacara pembukaan sekaligus laga pembuka tuan rumah Qatar versus Lebanon. Upacara penutupan dan laga final juga digelar di Stadion Lusail, stadion yang merepresentasikan ciri khas zaman keemasan seni di dunia Arab dan Islam.*

Silakan baca:

Mengenal 8 Stadion Megah di Piala Dunia 2022 

Sumber foto: asiancup2023.qa