Mengenal Warna Bendera Peringatan di Pantai

bendera peringatan pantai
Bendera peringatan di Pantai Pangandaran Jawa Barat. (Irwan Akhmad/Bandung Klik).*

 

BandungKlik – Berenang atau bermain di pantai jangan sampai abai akan keselamatan. Wisatawan hendaknya mentaati rambu-rambu keselamatan di pantai, salah satunya berupa bendera peringatan.

Menyadari jenis bendera akan membantu Anda saat hendak berenang ataupun berselancar. Bendera peringatan pantai berpedoman pada United States Lifesaving Association dan International Life Saving Federation.

Anda mungkin pernah memperhatikan ada bendera di dekat menara penjaga pantai dengan warna berbeda-beda. Namun apa arti dari semua bendera peringatan ini?

Kuning

Bendera kuning berarti bahaya sedang. Bisa jadi tiba-tiba ada ombak besar sehingga disarankan berhati-hati termasuk jika membawa anak-anak. Bendera jenis ini paling umum terlihat di pantai.

Merah

Menunjukkan ombak besar atau bahaya tinggi. Anda tidak boleh memasuki perairan dalam kondisi ada bendera ini kecuali bagi perenang yang sangat mahir.

Merah di atas merah

Perairan tertutup untuk penggunaan umum. Bendera ini punya arti bahaya sangat tinggi. Hindari pergi ke area dengan tanda bendera merah ganda ini.

Ungu

Artinya ada hama laut seperti alga, ubur-ubur, ikan pari, ular laut dan biota lau lainnya yang bisa menyebabkan cedera ringan.

Merah di atas kuning

Area berenang yang direkomendasikan dengan pengawasan penjaga pantai. Bendera ini dapat digunakan berpasangan dengan jarak terpisah untuk menunjukkan area yang ditentukan.

bendera peringatan
(bringanoodle.org).*

Hitam dan putih (berputar)

Area yang ditujukan untuk perahu, bukan untuk berenang. Area yang ditandai bendera ini pada dasarnya area selancar khusus.

Kuning dan bola hitam

Bendera jenis ini berarti melarang penggunaan papan selancar dan perahu tidak bermesin lainnya.

Windsock oranye

Perangkat berbentuk kerucut ini menandakan adanya angin lepas pantai. Jika ada windsock atau sarung angin di pantai, tidak boleh menggunakan alat tiup di dalam air.

Merah dan putih (berputar)

Bendera dengan potongan merah dan putih menunjukkan evakuasi darurat. Mungkin ada berbagai alasan untuk hal ini, seperti ada badai atau makhluk berbahaya seperti hiu. *

Silakan baca:

Bermain Body Rafting, Refreshing Hilangkan Penat