BandungKlik – Meta—perusahaan teknologi asal Amerika Serikat yang menaungi Instagram—baru-baru ini merilis aplikasi bernama Threads. Aplikasi yang “related” dengan Instagram ini disebut-sebut mirip Twitter.

Selain Instagram dan Threads, Meta juga menaungi Facebook dan aplikasi percakapan Whatsapp. Kabarnya, aplikasi baru ini sudah tersedia di 100 lebih negara termasuk Indonesia. Lantas, apa itu Threads?

Aplikasi dari Instagram ini merupakan media tempat Anda mengunggah utas, membalas komentar pengguna lain, dan mengikuti profil yang Anda minati. Utas dan balasan dapat menyertakan teks pendek, tautan, foto, video, atau kombinasi apa pun darinya.

Seperti halnya Twitter, Threads juga memungkinkan orang-orang dapat mengikuti Anda untuk melihat utas dan balasan di umpan mereka dan dari profil Anda.

Saat ini, Threads memungkinkan pengguna berbagi unggahan (postingan) berupa teks hingga 500 karakter. Sementara itu, untuk video dapat diunggah dengan durasi hingga lima menit dalam format vertikal.

Cara mengunduh

Selain bisa digunakan di smartphone dengan sistem operasi Android, aplikasi ini juga dapat dioperasikan di smartphone dengan sistem operasi iOS. Berikut cara mengunduhnya:

  • Buka aplikasi Google Play Store atau Apple App Store
  • Pada bagian kolom pencarian ketik Threads by Instagram
  • Ketuk tombol Install untuk mengunduh aplikasi dan tunggu hingga aplikasi terpasang
  • Aplikasi siap digunakan

Fitur

Threads memiliki tampilan antarmuka dan sejumlah fitur, mulai dari kolom untuk komentar, suka, unggah, dan bagikan. Pengguna juga akan mendapati lima tab pada bagian bawah layar dengan ikon, fungsi, dan fitur yang berbeda.

Beranda

Bagian ini menampilkan unggahan atau postingan pengguna lain dan tidak terbatas pada akun yang diikuti saja. Setiap “thread” atau utas yang muncul pada bagian feed dilengkapi beberapa fitur, mulai dari tombol suka, komentar, unggah ulang, dan bagikan.

Pencarian

Fitur ini berfungsi untuk mencari akun pengguna.

Thread baru

Tab yang letaknya di tengah ini disediakan untuk mengunggah thread. Pada fitur ini pengguna bisa mengatur apakah unggahan tersebut bisa dikomentari oleh pengguna lain, pengikut atau pengguna yang ditandai saja.

Tab aktivitas

Pada bagian atau tab berbentuk hati ini, pengguna bisa melihat semua aktivitas dan notifikasi.

Profil

Melalui tab ini pengguna bisa melihat daftar thread yang pernah dibuat atau komentar yang sudah pernah diunggah sebelumnya.

Nah, apakah Anda tertarik mencoba aplikasi ini?*

Silakan baca:

Versi Android Punya Nama Unik, Ini Urutannya dari Awal