BandungKlik – Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata meluncurkan sebuah aplikasi yang diberi nama Sigaya Pinter. Apa itu? Yuk, berkenalan sejenak!

Sebagai sebuah kota yang didesain pada masa Hindia Belanda, Bandung memiliki banyak warisan budaya yang bersifat kebendaan. Warisan budaya ini berupa benda cagar budaya, bangunan cagar budaya, struktur cagar budaya dan kawasan cagar budaya.

Pelestarian warisan budaya tersebut sangat diperlukan karena punya nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, dan kebudayaan.

Inventarisasi yang telah dilakukan selama ini kini semakin mudah diakses khalayak dengan hadirnya sistem informasi yang terintegrasi: Sigaya Pinter! Ya, inilah Sistem Informasi Data Bangunan Cagar Budaya Mantap Terintegrasi.

Aplikasi berbasis website ini hadir sebagai salah satu strategi inovatif dalam upaya pelestarian dan  pembinaan terhadap kekayaan warisan budaya di Kota Bandung. Hadirnya aplikasi ini menjadi sarana informasi sekaligus semakin membuka partisipasi masyarakat secara aktif dalam pengawasan dan pengelolaan cagar budaya.

Fitur Sigaya Pinter

Sigaya Pinter menyajikan cukup banyak fitur informatif tentang cagar budaya yang tersebar di Parijs van Java. Fitur tersebut antara lain:

  1. Pencarian cagar budaya berdasarkan nama bangunan, alamat, kecamatan, dan lain-lain. Masyarakat juga bisa mencari cagar budaya berdasarkan lokasi Global Positioning System (GPS) pengguna.
  2. Detail data warisan budaya berdasarkan kategori bangunan, situs, dan struktur cagar budaya.
  3. Masyarakat atau pengguna dapat mengakses rekapitulasi kategori cagar budaya, kawasan, kecamatan, dan jalan.
  4. Statistik berdasarkan kategori kawasan, kecamatan, jenis bangunan, keaslian bangunan, dan kondisi bangunan.
  5. Peta interaktif yang tentunya menyajikan lokasi warisan budaya yang tersebar di Kota Bandung.
  6. Kode QR (Quick Response) atau kode batang dua dimensi data masing-masing warisan budaya.
  7. Fitur Sigaya Pinter yang tak kalah penting adalah tersedianya ruang bagi pengunjung untuk berkontribusi menambahkan foto atau informasi tentang suatu warisan budaya.

Informasi selengkapnya tentang cagar budaya di Kota Bandung bisa diakses lewat sigayapinter.net. *

Silakan baca: 

BSM+ Diperbarui, Peta Kota Bandung Jangkau hingga RT