BandungKlik – Pulau Sumbawa di Nusa Tenggara Barat punya kawasan segitiga eksotis bernama Samota. Kawasan ini ternyata menyimpan sejuta pesona pariwisata yang mendunia.

Banyak orang mengira pariwisata provinsi ini banyak tersebar di Pulau Lombok. Betul, pulau ini memang kaya akan destinasi pariwisata berkelas dunia, mulai dari wisata bahari hingga budaya. Namun, jangan salah, Pulau Sumbawa pun tak kalah eksotis, bahkan pamornya sudah tak asing di telinga dan mata para pesohor dunia.

Lantas, apa itu Samota?

Ya, Samota di Sumbawa merupakan akronim dari tiga kawasan, yaitu Teluk Saleh, Pulau Moyo, dan Gunung Tambora. Ketiga kawasan ini dikenal sebagai salah satu destinasi wisata favorit karena meliputi pegunungan hingga dunia bawah laut. Lengkap, semua ada di Samota.

Teluk Saleh

Mau berkawan dengan hiu paus? Di sini tempatnya. Ya, Teluk Saleh terbilang sebagai salah satu destinasi ekowisata hiu paus (Rhincodon typus) terbaik di Indonesia. Teluk ini memberikan pengalaman etis yang luar biasa bagi wisatawan dan pemerhati konservasi dan keanekaragaman hayati.

Punya kedalaman mencapai 200 meter, Teluk Saleh menyajikan pesona yang mengagumkan. Kawasan ini banyak disebut sebagai akuarium raksasa karena memiliki biota laut yang sangat lengkap. Beragam jenis spesies terumbu karang dan ikan banyak dijumpai di sana, termasuk manta dan pari paka.

Pulau Moyo

Jika Anda berencana liburan di tempat yang sunyi sekaligus untuk “menenangkan diri”? Pulau Moyo adalah salah satu pilihan terbaik. Tak hanya akrab dikenal turis asing, pulau ini juga banyak dikunjungi olah para pesohor dan selebriti dunia, termasuk mendiang Putri Diana.

Panorama yang memukau Pulau Moyo memang tak ada duanya. Dikenal di seantero jagat, pulau indah ini juga menyajikan privasi bagi wisatawan. Laut yang biru dan panorama bawah lautnya yang mengagumkan melengkapi pesona air terjun yang mengalir di pulau ini.

Gunung Tambora

Meletusnya Gunung Tambora pada 10 April 1815 menjadi sebuah peristiwa sejarah yang tak terlupakan bagi masyarakat Indonesia, bahkan dunia. Para sejarawan menganggap bencana alam tersebut paling dahsyat, yakni hampir 100 ribu orang meninggal dunia setelahnya.

Gunung Tambora di dalam Taman Nasional Gunung Tambora memiliki pesona vegetasi beragam  seturut ketinggiannya. Dengan tinggi 2.851 mdpl, gunung ini menawarkan vegetasi hingga savana yang indah. Belum lagi keberadaan burung-burung dan mamalia yang menambah kawasan ini eksotis.

Potensi unggulan

Dikutip dari investasi-perizinan.ntbprov.go.id, berikut potensi keunggulan kawasan Samota.

Teluk Saleh: agrobisnis; minapolitan; rumput laut, udang, dan ikan kerapu; tambak; wisata bahari.

Pulau Moyo: diving; snorkeling; hunting area; berkemah; agrowisata; ranch area; pacuan kuda.

Gunung Tambora: pendakian; berkemah; hunting area; danau; geowisata; agrowisata.

Jembatan Samota

Di luar masing-masing keunggulan dan pesona tiga kawasan ini, salah satu penanda yang mudah dikenal di sana adalah Jembatan Samota. Jembatan yang dibangun di atas Sungai Brang Biji ini memiliki panjang 240 meter dan lebar tujuh meter.

Di Pulau Sumbawa, ini merupakan jembatan pertama yang menggunakan teknologi struktur plengkung. Secara fungsional, jembatan ini menghubungkan Simpang Jalan Negara (SJN) Garuda dengan Tanjung Menangis.

Tuan rumah MXGP

Kawasan segitiga eksotis Samota kembali menjadi tuan rumah penyelenggaraan balap motocross kelas dunia MXGP yang berlangsung pada 24 – 26 Juni 2022. Ajang balap motor elite internasional yang digelar di Rocket Motor Circuit ini diikuti 38 pembalap dari berbagai negara. *

Silakan baca:

Tujuh Pantai di Sekitar Sirkuit Mandalika, Indah Memesona

Maen Jaran, Pacuan Kuda Tradisional Khas Sumbawa