BandungKlik – Bagi Anda yang hendak traveling menggunakan kereta api dengan bujet terbatas, kereta api kelas ekonomi bisa jadi pilihan tepat.

Akan tetapi, tunggu dulu, ternyata ada beberapa jenis kereta api kelas ekonomi. Tentu saja, ini sekaligus membedakan fasilitas dan tarifnya meskipun tidak terlalu signifikan.

Dengan tarif yang relatif terjangkau, PT. KAI tetap memberikan pelayanan maksimal bagi penumpang kereta ekonomi. Selain keamanan dan kenyamanan, penumpang juga akan memperoleh kemudahan layanan, seperti dalam hal pemesanan tiket.

Berikut jenis kereta api kelas ekonomi yang dioperasikan oleh PT. KAI.

Kapasitas 106 kursi

Kereta api kelas ekonomi ini memiliki konfigurasi tempat duduk 3 – 2 dan berhadapan dengan menggunakan tempat duduk berjenis long seat. Pendingin ruangan kereta menggunakan AC split.

Kapasitas 80 kursi

Dengan kapasitas 80 kursi, kereta ekonomi ini memiliki konfigurasi tempat duduk 2 – 2 berjenis long seat dan berhadapan. Ruangan kereta sudah menggunakan jenis AC sentral.

Economy New Image

Tahun 2016, PT KAI meluncurkan kereta ekonomi baru yang dinamakan Ecomony New Image. Kapasitas kereta ini 80 kursi berjenis reverse seat dengan konfigurasi 2 – 2 dan dipisahkan arm rest serta menggunakan jenis AC sentral.

Ekonomi Premium

Interior kereta ekonomi Premium.

Kereta Ekonomi Premium adalah penyempurnaan dari Kereta Ekonomi New Image. Hampir semua spesifikasinya juga sama, yakni 80 kursi jenis reverse seat konfigurasi 2 – 2 dan dipisahkan arm rest serta AC sentral. Satu fitur yang membedakannya adalah kursi pada kereta Ekonomi Premium berjenis recleaning seat untuk menambah kenyamanan bagi penumpang. *

Silakan baca: 

Traveling Naik Kereta Lebih Asyik, Ini 8 Alasannya

Argo Bromo, Kereta Generasi Pertama Kelas Argo

 

Sumber: @kai121_